Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Batuk Berdahak Pada Bayi 8 Bulan Yang Alami

Cara Mengobati Batuk Berdahak Pada Bayi 8 Bulan Yang Alami

Bagaimana Cara Mengobati Batuk Berdahak Pada Bayi 8 Bulan Yang Alami?

KonsultasiSehat.com. Bagaimana cara mengobati batuk berdahak pada bayi 8 bulan yang alami? Pemberian ASI pada bayi yang baru saja lahir, terbukti memiliki peran yang sangat penting.

cara mengobati batuk berdahak pada bayi 8 bulan

Ada beberapa penelitian di mana ada bukti bahwa bayi yang mendapatkan ASI eksklusif ternyata lebih jarang terserang batuk pilek ketimbang bayi yang mendapatkan susu formula. Zat kekebalan tubuh atau immunoglobin yang terdapat pada ASI yang tidak terdapat pada susu formula yang membuat sistem kekebalan tubuh pada bayi tidak berkembang optimal.

Namun bukan berarti bayi yang mendapatkan ASI eksklusif tidak akan terserang batuk pilek. Karena kondisi tubuh yang masih lemah, memungkinkan bayi juga akan mengalami penyakit batuk pilek yang di tularkan oleh orang-orang yang ada di sekitarnya. Bisa anda bayangkan apa yang akan terjadi? Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif saja rentan mendapatkan penyakit, apalagi yang tidak mendapatkan ASI?

Ada beberapa cara mengobati batuk berdahak pada bayi 8 bulan yang terbukti efektif dan aman untuk di lakukan.

~ Mandi uap

Dengan memandikan bayi di kamar mandi yang penuh uap maka hal ini akan membantu untuk mengeluarkan dahak dari tenggorokan bayi anda yang sulit untuk keluar.

~ Perbanyak ASI

Usahakan untuk memberikan cairan lebih banyak. Bisa air putih yang hangat atau ASI. Sebisa mungkin tingkatkan frekuensi pemberian ASI. Serta tingkatkan kualitas ASI dengan mengkonsumsi makanan yang berkualitas.

~ Tinggikan posisi bantal

Dengan meninggikan posisi bantal bayi pada saat tidur akan membantu lendir keluar dengan sendirinya tanpa terganggu oleh apapun. Dengan posisi ini juga bayi akan istirahat tidur dengan nyenyak karena tidak terganggu oleh nafas yang sesak.

Demikian beberapa cara mengobati batuk berdahak pada bayi 8 bulan. Usahakan untuk tidak memberikan antibiotik karena menyembuhkan batuk bukanlah dengan antibiotik. Batuk tersebut akan hilang dengan sendirinya apalagi jika anda mengusahakan memberikan makanan-makanan yang mengandung nutrisi tinggi untuk membantu peningkatan kekebalan tubuh bayi anda.

Batuk yang mengganggu akan membuat bayi rewel, usahakan ada kontak fisik antara anda dengaan bayi dengan menggendong dan memeluknya di dada anda. Hal ini akan membuat bayi anda merasa tenang dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top