Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Batuk Dan Pilek Pada Bayi 6 Bulan

Cara Mengobati Batuk Dan Pilek Pada Bayi 6 Bulan

Tiga Cara Mengobati Batuk Dan Pilek Pada Bayi 6 Bulan Agar Cepat Sembuh

KonsultasiSehat.com. Batuk pilek adalah penyakit yang sering menyerang manusia terutama di musim-musim tertentu. Jika penyakit ini menyerang manusia dewasa tentunya sudah banyak obat yang bisa dipilih.

cara mengobati batuk dan pilek pada bayi 6 bulan

Namun bagaimana jika bayi berusia 6 bulan yang terserang batuk pilek? Tentu orang tua juga akan kalang kabut dibuatnya. Hal ini karena obat-obatan kimia jelas bisa membahayakan kesehatan bayi itu sendiri. Oleh karena itulah ketika bayi terserang batuk pilek, ada beberapa bahan alami sebagai cara mengobati batuk dan pilek pada bayi 6 bulan. Cara pertama adalah dengan tetap memberikannya ASI eksklusif. ASI bisa menjadi obat paling mujarab karena terbukti membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

Cara yang kedua adalah dengan menghangatkan bayi di bawah sinar matahari pagi. Hal ini karena sinar matahari pagi sangat baik untuk menghangatkan tubuh bayi serta membasmi virus dan bakteri yang menyerang bayi. Cara yang cukup mudah bukan? Cara mengobati batuk dan pilek pada bayi 6 bulan yang ketiga adalah dengan menyedot cairan yang menyumbat hidung si bayi dengan alat bantu.

Langkah ini membantu bayi mudah untuk bernafas. Selain itu, tepuk-tepuklah punggung bayi dalam posisi telungkup di atas paha anda. Langkat tersebut terbilang cukup ampuh mengobati batuk dan pilek yang di derita oleh bayi.

Cara mengobati batuk dan pilek pada bayi 6 bulan yang ketiga adalah dengan meneteskan cairan air garam atau saline pada lubang hidung bayi. Lakukanlah langkah ini ketika bayi sedang tertidur. Hal ini karena ketika tidur, bayi tidak melakukan aktivitas sehingga mudah tidak akan mengganggu pernafasan bayi. Letakkan bantal ataupun guling di bawah kepala bayi sehingga posisi kepalanya lebih tinggi dibandingkan tempat tidur.

Cara ini sudah terbukti berhasil dilakukan oleh banyak ibu. Meskipun demikian, sebagai orang tua anda harus tetap mewaspadai suhu tubuh bayi ketika mencapai 38°C-39°C. Bayi yang terserang batuk pilek rawan juga terserang demam tinggi dan memiliki resiko kejang yang tinggi pula. Demikian sedikit informasi mengatasi batuk pilek pada bayi usia 6 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top