Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Mengobati Batuk Dan Pilek Secara Alami

Cara Mengobati Batuk Dan Pilek Secara Alami

Tips Cara Mengobati Batuk dan Pilek Secara Alami

KonsultasiSehat.com. Saat anda terserang batuk dan pilek anda dapat melakukan beberapa tips cara mengobati batuk dan pilek secara alami agar batuk dan pilek cepat reda.

cara mengobati batuk dan pilek secara alami

Batuk dan pilek memang merupakan penyakit yang cukup sering menyerang manusia. Bahkan ada orang yang secara rutin akan terkena penyakit ini. Walaupun begitu, jangan biarkan batuk dan pilek terlalu lama menyerang anda, segera lakukan beberapa tips berikut ini.

– Obati dengan Ramuan Alami

Mengobati dengan ramuan alami akan lebih terjamin kemanannya, selain itu anda juga tak perlu khawatir terhadap efek samping yang biasanya ada dalam obat kemasan yang tersedia di toko-toko. Untuk membuat obat batuk dan pilek alami pun mudah dan dapat kita buat sendiri. Bahan alami yang dapat anda jadikan obat diantaranya adalah ramuan jahe.

Cara membuatnya adalah dengan membakar jahe secukupnya, memarkan hinggga hancur, lalu seduh dengan air panas beserta dengan gula merah. Ramuan alami yang kedua adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Peras jeruk nipis secukupya, lalu campurkan dengan madu dan seduh dengan air hangat. Jeruk nipis juga bisa dipadukan dengan kecap untuk dijadikan obat batuk dan pilek yang manjur.

– Gunakan Minyak Kayu putih

Tips cara mengobati batuk dan pilek secara alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kayu putih. Saat batuk dan pilek, minyak kayu putih bisa anda gunakan untuk menghangatkan tubuh, hidung, dan tenggorokan. Biasanya saat batuk dan pilek hidung anda pun akan tersumbat, untuk itu minyak kayu putih perlu anda sediakan untuk meredakan pernafasan. Jika anda tak menyukai bau dari minyak kayu putih, anda bisa menggunakan aroma terapi yang kini banyak digunakan untuk menggantikan minyak kayu putih.

– Jaga Tubuh Anda

Maksudnya dari menjaga tubuh misalnya seperti menggunakan masker dan baju hangat saat berkendara atau berada di luar rumah untuk menghindari debu disekitar anda. Selanjutnya hindari begadang serta angin malam. Tips cara mengobati batuk dan pilek secara alami dengan menjaga tubuh anda yang terakhir adalah dengan banyak mengonsumsi air putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top