Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Batuk Pada Bayi 3 Bulan

Cara Mengobati Batuk Pada Bayi 3 Bulan

KonsultasiSehat.com. Jangan panik dan juga bingung ketika buah hati kita sedang menderita sakit batuk diusianya yang baru menginjak 3 bulan. Sakit batuk dan pilek merupakan jenis penyakit ringan, namun apabila didiamkan saja juga dapat berakibat fatal, terutama pada tingkatan bayi. Memang tidak dapat memprediksikan siapa saja yang akan terkena sakit batuk, entah ibu bayi, anak-anak, maupun orang dewasa.

Cara-mengobati-batuk-pada-bayi-3-bulan

Namun ada baiknya kita mencoba mengobati sakit batuk pada bayi usia 3 bulan ini dengan obat-obatan tradisional, karena lebih aman dan apabila menggunakan obat dari toko/ resep dari dokter itu mengandung bahan kimia. Cara mengobati batuk pada bayi 3 bulan secara tradisional akan diulas dalam penjelasan berikut ini.

Cara tradisional akan lebih baik diberikan pada bayi usia 3 bulan, karena bahan-bahan kimia yang terkandung dalam obat di toko atau resep dari dokter tidak baik untuk kesehatan bayi pada jangka waktu lama. Bayi yang masih dalam masa pertumbuhan tersebut bisa saja nanti terganggu organ tubuhnya seperti penyakit ginjal dan lain-lain akibat pemberian obat-obatan berbahan kimia.

Kecuali apabila sakit batuk pada bayi usia 3 bulan selama lebih dari semnggu tak kunjung sembuh, baru sebaiknya kita datang ke dokter. Cara mengobati batuk pada bayi 3 bulan dapat menggunakan manfaat dari uap, madu, jeruk nipis, kunyit dan minyak pijat seperti kayu putih dan lain-lain.

Cara mengobati batuk pada bayi 3 bulan yaitu sebagai berikut:

  • Dengan menggunakan uap yang dapat membantu meringankan penyumbatan di lubang hidung, caranya adalah siapkan air panas dalam kamar mandi untuk menghasilkan uap, kunci pintunya, terapi di kamar mandi bisa dilakukan selama 5-15menit.
  • Campurkan air perasan jeruk nipis dan beberapa sendok madu kedalam air hangat, minumkan pada bayi dengan dosis 4x ½ sendok teh perhari.
  • Kunyit merupakan rempah-rempah yang berfungsi juga sebagai obat untuk menghilangkan batuk. Bubuklah kunyit dan campurkan dengan susu, berikan ini 2x sehari.

Minyak pijat, apabila bayi sedang batuk, biasakan memijat bayi dengan minyak pijat sebagai penghangat badannya agar bayi juga akan lebih mudah bernafas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top