Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Batuk pada Bayi 4 Bulan

Cara Mengobati Batuk pada Bayi 4 Bulan

Cara Mengobati Batuk pada Bayi 4 Bulan dengan Jeruk Nipis

KonsultasiSehat.com. Batuk bisa terjadi kapan saja, dimana saja, dan siapa saja tak kenal usia. Mulai dari anak-anak, dewasa, hingga pada bayi. Batuk bisa terjadi karena debu yang masuk ke saluran pernapasan, asma, tuberculosis, virus, serta kuman Bordetella pertussis. Penyebabnya berbeda-beda tergantung jenis batuknya.

Cara-Mengobati-Batuk-pada-Bayi-4-Bulan

Selain itu, batuk juga terjadi karena menurunnya daya tahan seseorang. Seseorang mudah terserang penyakit apabila daya tahan tubuhnya menurun karena tubuh tidak mampu melawan virus dan bakteri. Di jaman sekarang, orang tidak perlu khawatir lagi untuk mengobati batuk karena sudah banyak macam-macam obat yang beredar di apotik.

Namun, bagaimana jika batuk itu menyerang pada sang buah hati? Apakah tidak berbahaya jika obat itu diberikan untuk sang anak yang masih kecil? Jawabannya pasti iya. Terlebih apabila sang ibu ceroboh dan tidak berhati-hati dalam memilih obat. Maka akibatnya akan fatal. Untuk itu, di sini saya akan mengajak ibu dan para orang tua untuk membuat ramuan obat sendiri di rumah dengan jeruk nipis bagaimana cara mengobati batuk pada bayi 4 bulan.

Cara mengobati batuk pada bayi 4 bulan dengan menggunakan ramuan jeruk nipis sebagai berikut:

  • Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu jeruk nipis, madu dan air masak yang dingin
  • Peras jeruk nipis
  • Campurkan air perasan jeruk nipis dengan madu dan air masak
  • Aduk secara merata
  • Kemudian kukuslah sampai mendidih
  • Setelah mendidih, angkat dan tunggu sampai hangat
  • Berikan ramuan obat jeruk nipis ini selagi masih hangat kepada sang buah hati

Dosis yang dianjurkan untuk bayi berusia 4 bulan yaitu 4x sehari sdt. Rutinlah memberikan ramuan obat itu kepada anak. Karena obat ini terbuat dari bahan-bahan alami dan buatan sendiri sehingga ibu tidak perlu khawatir karena aman dikonsumsi untuk bayi.

Selain untuk bayi, ramuan obat ini juga bisa digunakan untuk orang dewasa. so, semoga resep cara mengobati batuk pada bayi 4 bulan dengan jeruk nipis bermanfaat bagi ibu dan orangtua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top