Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Batuk Pada Bayi 6 Bulan

Cara Mengobati Batuk Pada Bayi 6 Bulan

Cara Mengobati Batuk Pada Bayi 6 Bulan dengan Cepat

KonsultasiSehat.com. Untuk tubuh bayi yang masih sangat rentan, apalagi baru berusia 6 bulan haruslah sangat dijaga. Ketika bayi mengalami sakit, hal pertama yang dilakukan bukanlah langsung memeriksakannya ke dokter. Namun kenali terlebih dahulu apa penyakitnya.

cara mengobati batuk pada bayi 6 bulan

Biasanya untuk batuk dan pilek ditandai dengan seringnya bayi bersin-bersin. Ditambah batuk seperti sedang tersedak air minum. Nah jika sudah muncul tanda-tanda seperti itu bahkan sampai tubuh bayi juga demam, maka cara mengobati batuk pada bayi 6 bulan adalah dengan membuat ramuan obat herbal. Obat-obatan yang berasal dari alam ini, diolah dengan beberapa bahan alami lainnya untuk dijadikan sebagai obat batuk dan pilek bagi bayi yang berusia 6 bulan.

Cara pertama anda bisa menggunakan ramuan jeruk nipis dan madu. Cara mengolah bahan ini adalah ambil tiga sendok makan air jeruk nipis dan empat sendok makan madu murni. Perlu diingat cara mengobati batuk pada bayi 6 bulan harus dengan madu asli, bukan madu campuran bahan lain.

Jadi benar-benar madu yang murni tanpa campuran lainnya. Campurkan kedua bahan tersebut dalam satu wadah. Tuangkan empat sendok makan air hangat. Aduk hingga semua bahan tercampur. Berikan pada bayi untuk diminum sebanyak dua kali sehari yaitu di waktu pagi dan sore hari. Biasanya ramuan ini diberikan untuk bayi minimal usia 6 bulan.

Selain ramuan herbal di atas, yang dapat menyembuhkan sakit batuk dan pilek pada bayi yaitu ramuan pijat dengan menggunakan minyak kayu putih. Untuk menambahkan hangat biasanya minyak kayu putih dicampur dengan sedikit kencur. Cara mengobati batuk pada bayi 6 bulan menggunakan minyak kayu putih tersebut kemudian oleskan pada tubuh bayi.

Lebih tepatnya pijat perlahan ke seluruh bagian tubuh. Seperti bagian perut, dada, punggung, tangan dan kaki. Biasanya pijat ini dilakukan dua kali sehari sehabis mandi, tujuannya agar membuat bayi menjadi lebih hangat. Dan dengan menggunakan ramuan tersebut, maka pernapasan bayi menjadi lebih lancar. Selain itu batuk yang dialami bayi juga akan semakin cepat sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top