Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Batuk Pada Bayi Umur 2 Bulan

Cara Mengobati Batuk Pada Bayi Umur 2 Bulan

Pemberian ASI : Cara Mengobati Batuk Pada Bayi Umur 2 Bulan

Konsultasisehat.com. Saat bayi anda sakit, pastinya anda akan gelisah dan khawatir, terlebih jika bayi anda masih berumur 2 bulan anda tidak bisa mengetahui apa yang di derita atau yang dirasakan bayi saat itu karena memang mereka belum bis berkomunikasi atau menginterpretasikan apa yang ia rasakan saat itu.

cara mengobati batuk pada bayi umur 2 bulan

Namun, sebagai orang tua anda  bisa menganalisis dari berbagai tanda atau ciri yang ada pada bayi tersebut. Untuk mengetahui tandanya maka anda harus tahu terlebihi dahulu apa yang menjadi ciri atau gejala penyakit pilek ini.

Sebelum kita membahas cara mengobati batuk pada bayi umur 2 bulan, terlebih dahulu kita akan membahas mengenai gejalanya. Pertama, bayi anda menjadi semakin rewel. Kedua, terjadi demam sampai suhu 38.5 derajat. Ketiga, hidung tersumbat.

Pilek merupakan penyakit yang disebabkan oleh sekelompok virus RNA, penyakit ini tidak hanya disebabkan oleh virus, juga disebabkan oleh bakteri, sehingga dalam penanganannya nanti bisa lebih tepat. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter agar bisa mendapatkan hasil terbaik.

Cara mengobati batuk pada bayi umur 2 bulan diantaranya, pertama, memberikan obat penurun suhu panas khusus untuk bayi jika terjadi demam sampai 38.5 derajat celcius untuk menghindari kejang. Kedua, jangan terburu-buru untuk memberikan bayi anda antibiotic, karena pemberian antibiotic hanya untuk penyakit pilek atau batik yang disebabkan oleh bakteri bukan oleh virus. Pemberian obat yang salah malah tidak akan efektif menyembuhkan atau meredakan gejala penyakit pilek tersebut.

Ketiga, untuk mengasi hidung tersumbat, anda bisa menepuk-nepuk punggung bayi dalam keadaan telungkup, agar semua lendirnya keluar. Atau anda bisa menggunakan alat penghisap lendir, yang sudah di jual dipasaran. Keempat, memberikan ASI. Pemberian ASI selain bermanfaat untuk pemenuhan nutrisi dan gizi bayi, juga gerakan bayi saat menghisap ASI langsung dari sang ibu, bisa mencegah penyebaran infeksi dari bakteri tersebut ke daerah telinga.

Hal ini dikarenakan saat bayi menghisap ASI, terjadi gerakan eustachius yang menutup saluran kerongkongan dan telinga. Demikian pembahasan cara mengobati batuk pada bayi umur 2 bulan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top