Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Batuk Pada Bayi Umur 4 Bulan

Cara Mengobati Batuk Pada Bayi Umur 4 Bulan

Selain Mudah, Cara Mengobati Batuk Pada Bayi Umur 4 Bulan Berikut Ini Juga Aman Bagi Kesehatan Buah Hati Anda

KonsultasiSehat.com. Dimusim penghujan seperti sekarang ini, penyakit batuk dan pilek merupakan beberapa penyakit yang umum ditemui pada beberapa orang. Selain menyerang orang dewasa, penyakit batuk dan pilek ini juga diderita anak kecil bahkan pada seorang bayi sekalipun.

cara mengobati batuk pada bayi umur 4 bulan

Untuk itu, bagi anda para orang tua yang masih mempunyai bayi, sebaiknya dari sejak sekarang anda menghindari anak anda dari udara yang dingin. Namun, bagi anda para orang tua yang sudah terlanjur mempunyai bayi yang sedang sakit batuk dan pilek cobalah anda melakukan beberapa cara mengobati batuk pada bayi umur 4 bulan berikut ini.

Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk mengobati batuk bayi anda yaitu dengan memanfaatkan kunyit. Kunyit ini selain digunakan oleh wanita untuk meredakan rasa sakit ketika datang bulan juga dapat membuat seorang bayi akan sembuh dari penyakit batuk. Hal ini karena beberapa zat atau kandungan kunyit ini dapat memberikan kehangatan dan rasa yang nyaman pada tenggorokan si bayi.

Untuk memberikannya anda bisa mencampurkan beberapa tetes perasan kunyit yang sudah ditumbuk di susu formula bayi anda. Namun bagi anda yang masih memberikan ASI eksklusif, anda juga dapat mengoleskan beberapa tetes kunyit tadi pada payudara anda sebelum anda memberika ASI kepada anak anda.

Selain itu, cara mengobati batuk pada bayi umur 4 bulan yang berikutnya yaitu dengan memberikan minyak kayu putih atau beberapa tetes minyak telon pada perut dan dada si kecil. Minyak kayu putih atau minyak telon ini akan memberikan rasa hangat pada tubuh si kecil, sehingga dalam beberapa hari batuk dan pilek si kecil bisa sembuh dengan sendirinya. Selain pada bagian dada dan perut, kedua minyak tadi juga bisa anda oleskan pada bagian punggung dan kedua kaki si kecil.

Bagi anda yang sudah mencoba cara diatas dan buah hati anda masih belum sembuh juga, anda dapat mencoba cara mengobati batuk pada bayi umur 4 bulan yang terakhir ini. Cara terakhir ini yaitu dengan membuat ramuan tradisional dari campuran madu dan jeruk nipis.

Untuk membuat ramuan ini cukup mudah, karena anda hanya campurkan kedua bahan diatas dengan beberapa sendok air matang. Setelah itu, kukus ramuan tadi selama 15 menitan, setelah dingin anda bisa langsung memberikannya pada anak anda sebanyak 1 sendok teh selama 2 sampai 3 kali dalam sehari sampai sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top