Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Batuk Pada Bayi Usia 4 Bulan

Cara Mengobati Batuk Pada Bayi Usia 4 Bulan

Sejumlah Cara Mengobati Batuk Pada Bayi Usia 4 Bulan Yang Harus Ibu Ibu Ketahui

KonsultasiSehat.com. Bagi sebuah pasangan yang baru menikah, sebuah kelahiran bayi merupakan hal yang ditunggu tunggu. Kedatangan dan kelahiran bayi ini akan membuat sebuah keluarga menjadi lebih hangat.

cara mengobati batuk pada bayi usia 4 bulan

Untuk itu, setiap perkembangan bayi maupun kesehatan seorang bayi akan dijaga betul betul oleh orang tuanya. Namun, meskipun seorang bayi ini dijaga kesehatannya oleh orang tuanya mungkin beberapa jenis penyakit akan tetap menyerang tubuh si kecil.

Salah satu jenis penyakit yang umum ditemui ketika bayi berumur dibawah satu tahunan yaitu batuk. Untuk itu, bagi anda para orang tua yang masih mempunyai bayi di usia 4 bulanan cobalah untuk mengetahui beberapa cara mengobati batuk pada bayi usia 4 bulan yang akan saya bahas berikut ini.

Cara mengobati batuk pada bayi usia 4 bulan yang pertama yaitu dengan memberikan beberapa tetes minyak telon atau beberapa tetes minyak kayu putih di permukaan dada dan perut bayi anda. Selain itu, saat anak anda mengalami batuk, cobalah anda mengatur posisi tidurnya. Tidur yang sangat bagus untuk bayi yang sedang mengalami sakit batuk yaitu posisi kepala yang lebih tinggi dari posisi badannya. Untuk itu, sebaiknya para ibu atau baby sitter untuk memberikan bantal yang cukup tinggi agar pernafasan si bayi akan lebih nyaman.

Memanfaatkan uap air yang hangat merupakan cara mengobati batuk pada bayi usia 4 bulan yang berikutnya. Untuk melakukan ini anda harus menyiapkan satu ember yang diberi air hangat. Setelah itu, usahakan si buah hati agar duduk atau tidur di sekitar ember tadi yang masih mengeluarkan uap air.

Hal ini akan membuat saluran pernafasan buah hati anda menjadi tetap lancar, sehingga batuk dan pilek anak anda akan cepat sembuh. Selain cara diatas, anda juga dapat memanfaatkan kunyit untuk membuat batuk anda cepat sembuh.

Kunyit ini sebaiknya anda gunakan dengan cara ditumbuk dan oleskan pada payuadara si ibu saat sebelum memberikan ASI kepada buah hatinya. Kunyit ini selain akan memberikan rasa yang nyaman pada tenggorokan si bayi juga akan memberikan rasa nyaman kepada anak anda sehingga anak anda mudah tidur dengan nyenyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top