Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Batuk pada Bayi Usia 6 Bulan

Cara Mengobati Batuk pada Bayi Usia 6 Bulan

Cara Mengobati Batuk pada Bayi Usia 6 Bulan dan Pencegahannya

KonsultasiSehat.com. Batuk merupakan sebuah penyakit yang sering menimpa pada anak-anak, terlebih apabila daya tahan tubuh pada anak menurun. Akibatnya, sang anak mudah terkena penyakit termasuk batuk. Namun, bagaimanakah jika batuk menyerang pada bayi? Apakah cara penanganan dan pengobatannya sama persis pada anak-anak maupun dewasa?

Cara-Mengobati-Batuk-pada-Bayi-Usia-6-Bulan

Tentu tidak. Pengobatan pada bayi lebih intensif daripada pengobatan pada orang dewasa. Nah untuk itu, di sini saya akan mencoba memberikan referensi bagi anda yang buah hatinya sedang terserang batuk, mengenai cara mengobati batuk pada bayi usia 6 bulan.

Berikut beberapa cara mengobati batuk pada bayi usia 6 bulan yang dapat anda lakukan:

  • Berikanlah minum air putih yang hangat untuk meredakan lendir yang ada pada tenggorokan si bayi.
  • Berikan istirahat yang cukup untuk si bayi. Agar kondisi fisik si bayi tidak terlalu lelah dan demi mempertahankan daya tahan tubuh agar tidak menurun.
  • Berikan obat yang aman bagi si bayi yang sesuai dengan resep dokter.
  • Perhatikan setiap asupan makanan untuk si bayi, karena ini mendukung kesehatan dan daya tahan tubuh.
  • Hangatkan sang buah hati dengan minyak kayu putih atau selimut untuk mengahangatkannya.

Selain cara di atas, perlu juga dilakukan pencegahan agar batuk tidak kembali lagi menyerang buah hati. Pencegahannya dapat anda lakukan dengan cara berikut ini:

  • Pemberian ASI. Tahukah anda bahwa ASI selain sebagai sumber gizi utama bayi, ternyata ASI juga mengandung banyak immunoglobulin IgA yang baik untuk pertahanan tubuh bayi melawan penyakit. Sehingga dengan pemberian ASI ini, setidaknya dapat membantu mencegah batuk datang kembali.
  • Jaga pola makan si bayi dan berikan ia vitamin agar nutrisinya tercukupi, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

Jadi demikianlah cara mengobati batuk pada bayi usia 6 bulan dan pencegahannya. Selain cara-cara di atas, juga perlu dilakukan pengobatan dengan rutin agar batuk cepat reda. Semoga dapat bermanfaat buat anda dan batuk anda menjadi sembuh secara permanen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top