Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Batuk Pada Bayi Usia 8 Bulan

Cara Mengobati Batuk Pada Bayi Usia 8 Bulan

3 Hal Yang Harus Diperhatikan Dari Cara Mengobati Batuk Pada Bayi Usia 8 Bulan

KonsultasiSehat.com. Memiliki bayi yang berusia 8 bulan sangatlah luar biasa, itu sebuah pengalaman yang sangat berharga. Bayi pada umur 8 bulan sedang berada dalam tahap pertumbuhan sehingga sedang dalam masa lucu-lucunya.

cara mengobati batuk pada bayi usia 8 bulan

Namun semua hal menyenangkan itu akan berubah menjadi menyedihkan dan penuh rasa khawatir terutama ketika bayi kita sedang mengalami batuk. Batuk yang mungkin di sebabkan oleh beberapa macam hal seperti faktor debu atau udara yang terlalu dingin. Batuk juga mengindikasikan terjadinya sesuatu hal pada organ pernafasan bayi kita. Lalu bagaimanakah cara mengobati batuk pada bayi usia 8 bulan? Adakah cara mengobati yang aman dan tanpa efek samping karena bayi kita baru berusia 8 bulan?

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dari cara mengobati batuk pada bayi usia 8 bulan, di antaranya adalah :

~ Konsumsi obat sesuai dengan gejala

Saat ini banyak sekali obat yang beredar dengan komposisi dapat mengobati beberapa gejala penyakit dalam satu obat. Sebaiknya hindari obat jenis ini, berikan obat sesuai dengan gejala penyakit yang di derita anak.

~ Obat pengencer dahak

Berikan obat untuk mengencerkan dahak, bukan obat untuk menekan batuk. Kebanyakan obat batuk untuk anak bersifat menekan batuk yang menyebabkan dahak sulit keluar sehingga akan lebih menyiksa bayi anda.

~ Berikan minum yang banyak

Berikan air minum baik air putih maupun ASI yang banyak untuk mengencerkan dahak yang sulit keluar dari tenggorokan bayi anda.

Kebanyakan cara mengobati batuk pada bayi usia 8 bulan yang di posting di internet adalah menggunakan bahan-bahan herbal yang aman tanpa efek samping. Jadi bijaklah untuk menggunakan obat-obatan kimia yang ada di pasaran apalagi untuk bayi anda yang amasih sangat rawan untuk mengkonsumsi obat-obatan kimia.

Sebenarnya batuk yang menyerang bayi anda akan menghilang dengan sendirinya. Anda hanya perlu meningkatkan kekebalan tubuhnya saja dengan cara memberinya ASI, minum vitamin dan memberikan menu makan yang sehat sesuai dengan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh. Namun, segera konsultasikan dengan dokter jika batuk bayi anda terjadi berkepanjangan untuk menghindari berbagai gangguan lain yang bisa menyerang bayi anda dengan mudah karena kondisi tubuhnya sedang tidak bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top