Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Batuk Pilek Ada Bayi Dibawah 6 Bulan

Cara Mengobati Batuk Pilek Ada Bayi Dibawah 6 Bulan

Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi Dibawah 6 Bulan yang Aman Dilakukan

KonsultasiSehat.com. Bagi orang dewasa, batuk pilek adalah penyakit biasa yang bisa menyerang siapa saja.

cara mengobati batuk pilek ada bayi dibawah 6 bulan

Namun batuk pilek akan menjadi sebuah penyakit yang menghawatirkan apabila menyerang si kecil yang berusia kurang dari 6 bulan. Bagaimana tidak? Bayi berumur di bawah 6 bulan masih belum memiliki ketahanan tubuh yang sempurna sehingga penyakit biasa pun bisa menjadi berbahaya.

Oleh karena itu, ada beberapa cara mengobati batuk pilek ada bayi dibawah 6 bulan sehingga orang tua tidak perlu terlalu cemas. Cara yang pertama adalah dengan meneteskan cairan garam pada lubang hidung bayi. Hal ini dilakukan agar lendir yang terdapat dalam hidung bisa lebih longgar. Setelah itu, keluarkan cairan hidung dengan alat penghisap khusus sehingga cairan penyumbat hidung bisa berkurang bahkan menghilang. Agar lebih aman, lakukan hal ini ketika si bayi sedang tertidur.

Cara mengobati batuk pilek pada bayi dibawah 6 bulan yang kedua adalah dengan melembabkan udara di kamar bayi. Cara lainnya adalah dengan membawa bayi ke ruangan yang beruap untuk beberapa saat. Anda juga bisa memandikan bayi dengan air hangat untuk mengusir penyakit batuk pilek yang dideritanya.

Selain itu, ada cara lain yang bisa dilakukan yakni dengan meneteskan minyak telon atau minyak kayu putih yang dicampurkan dengan satu baskom air hangat. Letakkan bayi di atas pada dalam posisi tengkurap menghadap baskom air minyak telon tersebut. Biarkan dia menghirup air hangat yang beraroma minyak telon untuk melancarkan pernafasannya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan batuk dan pilek yang diderita oleh bayi. Jangan lupa juga untuk senantiasa mengoleskan minyak telon setelah bayi mandi di bagian punggung untuk menjaga agar mereka tetap hangat.

Hal yang paling penting yang tak boleh dilupakan adalah pemberian ASI pada bayi di bawah 6 bulan yang mengalami batuk pilek. Ini karena ASI akan menjadi asupan gizi paling penting bagi bayi. Demikian beberapa cara mengobati batuk pilek pada bayi dibawah 6 bulan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top