Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Batuk Pilek Bayi 3 Bulan

Cara Mengobati Batuk Pilek Bayi 3 Bulan

Cara Mengobati Batuk Pilek Bayi 3 Bulan tanpa Obat Kimia

KonsultasiSehat.com. Flu dan batuk merupakan penyakit yang lumrah ditemui di Indonesia. Tua, muda, besar, kecil semuanya pernah mengalaminya.

cara mengobati batuk pilek bayi 3 bulan

Namun bagaimana jika bayi 3 bulan yang terserang flu dan batuk? Tentu penanganannya akan berbeda. Apalagi bayi sangat sensitif dengan hal-hal berbau kimiawi, terutama obat-obatan.Sebagai orang tua, tentu saja anda merasa khawatir, terlebih jika bayi tersebut merupakan anak pertama. Paling tidak ada beberapa cara mengobati batuk pilek bayi 3 bulan yang bisa anda lakukan, sebelum memutuskan untuk membawa si kecil ke dokter. Apa saja cara yang bisa anda tempuh?

Pertahankan pemberian asi ke si kecil. Kandungan asi mampu memperkuat daya tahan tubuh bayi. Flu dan batuk sebenarnya merupakan bentuk perlawanan tubuh terhadap benda-benda asing yang masuk (misalnya kuman atau virus). Dengan meningkatkan daya tahan tubuh si kecil, anda akan mempercepat proses penyembuhannya.

Jangan lupakan untuk mengonsumsi makanan bergizi dan berserat, tujuannya untuk meningkatkan kualitas asi anda menjadi lebih baik. Hal yang perlu anda perhatikan dalam cara mengobati batuk pilek bayi 3 bulan yaitu bagaimana mengatasi ingus bayi. Karena bayi tidak bisa mengeluarkan ingusnya sendiri, mau tidak mau anda harus menempuh cara-cara berikut ini, seperti menepuk lembut punggunya dengan posisi bayi menelungkup, menyedot ingus bayi anda, dan memanfaatkan uap air hangat. Dekatkan kepala bayi anda ke baskom yang berisi air hangat, anda bisa menambahkan tetesan minyak telon atau minyak kayu putih ke air baskom tersebut.

Luangkan waktu untuk menjemur si kecil saat pagi hari. sinar matahari pagi mengandung vitamin E, dan bermanfaat untuk menghangatkan tubuh si kecil. Lakukan langkah-langkah di atas secara berulangkali. Cara mengobati batuk pilek bayi 3 bulan di atas telah banyak dipraktikan oleh para bunda di Indonesia.

Namun jika si kecil mulai muntah-muntah, kejang, batuk terus menerus, dan tidak ada tanda-tanda sembuh setelah beberapa hari maka segera rujuk ke dokter. Dengan begitu si kecil bisa mendapatkan perawatan dengan lebih intensif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top