Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Batuk Pilek Bayi 5 Bulan

Cara Mengobati Batuk Pilek Bayi 5 Bulan

Cara Mengobati Batuk Pilek Bayi 5 Bulan dengan Bahan-Bahan Tradisional

KonsultasiSehat.com. Bayi yang masih berusia 5 bulan memang rentan terkena penyakit. Apalagi jika kondisi cuaca juga sedang tidak menentu. Biasanya kondisi bayi harus benar-benar dijaga agar tidak mudah terserang penyakit.

cara mengobati batuk pilek bayi 5 bulan

Untuk penyakit yang paling sering diderita bayi karena perubahan cuaca ini, biasanya penyakit batuk dan pilek. Bayi akan rentan sekali terkena penyakit ini. Karena itu terdapat cara mengobati batuk pilek bayi 5 bulan yang bisa para ibu terapkan ketika si kecil sakit. Cara mengobatinya ini memang dikhususkan menggunakan bahan-bahan tradisional yang berasal dari alam. Menggunakan bahan alami akan meminimalisir terjadinya efek samping.

Bahan-bahan alami tersebut antara lain, yaitu beras kencur. Cara mengobati batuk pilek bayi 5 bulan menggunakan beras kencur ini sangat mudah. Bagi anda yang tidak bisa membuatnya bisa membeli beras kencur di warung kecil atau penjual jamu. Beras kencur merupakan bahan alami yang terdiri dari beras yang ditumbuk halus, kemudian tanaman kencur yang berfungsi sebagai penghangat, dicamput jadi satu lalu dikeringkan atau dijemur di bawah sinar matahari.

Beras kencur beragam ukurannya, biasanya berbentuk bulat kecil dan agak pipih. Untuk mengobati bayi, caranya tuangkan air panas secukupnya ke dalam mangkuk yang berisi satu atau dua butir beras kencur. Ketika sudah mengental dan tercampur rata, maka tunggu sampai air menjadi hangat. Lalu oleskan pada bagian punggung, dada, dan ubun-ubun.

Cara menggunakan beras kencur merupakan cara yang cukup mudah. Bahan alaminya lainnya yang bisa digunakan untuk obat batuk pilek bayi yaitu denan bawang merah. Cara mengobati batuk pilek bayi 5 bulan menggunakan bawang merah ini, yaitu dengan memotong tipis kecil-kecil bawang merang yang telah dikupas dan dicuci bersih.

Kemudian campurkan minyak telon secukupnya. Oleskan pada tubuh bayi sehabis mandi sore dan malam hari menjelang tidur. Dengan rutin melakukannya maka bayi akan cepat sembuh dari batuk pileknya. Bahkan jika bahan yang digunakan tanpa campuran bahan kimia, maka efek yang ditimbulkan akan lebih cepat untuk menyembuhkan dan tidak akan terjadi efek samping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top