Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Batuk Pilek Bayi Usia 6 Bulan

Cara Mengobati Batuk Pilek Bayi Usia 6 Bulan

Cara Mengobati Batuk Pilek Bayi Usia 6 Bulan

KonsultasiSehat.com. Anak-anak terutama bayi yang masih kecil sangatlah mudah terserang penyakit. Hal ini disebabkan karena ketahanan tubuhnya yang masih lemah.

cara mengobati batuk pilek bayi usia 6 bulan

Anak bayi biasanya paling sering terserang penyakit batuk dan juga pilek. Rentang umur 6 bulan, imun pada seorang bayi usia 6 bulan kebawah biasanya belumlah kebal karena belum mendapati imunisasi yang utuh untuk dirinya. Air susu ibu sebagai makanan utamanya adalah hal penting untuk menjaga kesehatan bayi, termasuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi.

Seorang ibu, sebaiknya harus mengerti bagaimana cara mengobati batuk pilek bayi usia 6 bulan agar si anak tidak terlalu lama menderita penyakit tersebut. Meskipun ringan, penyakit semacam ini tentu mengganggu.

Berikut adalah cara mengobati batuk pilek bayi usia 6 bulan untuk acuan bagi ibu yang belum terlalu mengerti obat-obatan apa saja yang dapat diberikan pada bayi selain obat dari dokter.

– Gunakanlah bahan-bahan alami yang tidak memiliki efek samping bagi kesehatan si bayi. Pada dasarnya obat-obatan yang terbuat dari tanaman obat alami tentu akan lebih baik bagi si bayi, karena bayi berusia 6 bulan kurang baik jika mengkonsumsi obat-obatan kimiawi.

– Salah satunya, yakni gunakan jahe, kencur, asam jawa dan madu sebagai obat alami untuk mengatasi batuk pilek pada bayi anda.

– Pertama-tama, parutlah jahe dan kencur seukuran satu ruas jari.

– Tambahkan satu gelas kecil air hangat dan asam jawa dan madu.

– Aduk hingga rata.

– Saringlah ramuan tersebut, lalu ambil air sari dari ramuan tersebut.

– Minumkan pada bayi anda 3 kali dalam sehari.

– Lakukan hal tersebut sampai bayi anda sembuh.

Diatas adalah salah satu alternatif yang dapat digunakan ibu sebagai cara mengobati batuk pilek bayi usia 6 bulan. Selain itu, jangan lupa makan makanan yang bergizi dan istirahat cukup. Lakukanlah hal yang sama bagi ibu untuk menunjang proses penyembuhan bayi dari penyakit batuk dan pileknya tersebut karena ASI yang baik sangat dibutuhkan si bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top