Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi Usia 2 Bulan

Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi Usia 2 Bulan

Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi Usia 2 Bulan dengan Bahan Alami

KonsultasiSehat.com. Batuk dan pilek, penyakit yang memang akrab dengan anak kecil. Namun bagaimana jika bayi usia 2 bulan yang mengalaminya? Tentu akan menjadi pikiran bagi para orangtuannya, terutama para ibu.

cara mengobati batuk pilek pada bayi usia 2 bulan

Lalu, bagaimana cara mengobati batuk pilek pada bayi usia 2 bulan ini? mari kita ulas agar dapat dijadikan pedoman ketika buah hati kesayangan tak disangka tak diduga mengalaminya. Sebagai orangtua pastinya kita khawatir, namun ketika hal itu terjadi, jangan panik, tetaplah tenang dan lakukan cara-cara penanganan yang dapat kita lakukan sebagai orangtua karena selama batuk pilek bisa kita atasi sendiri, maka tak perlu untuk dibawa ke dokter.

Berikut beberapa caranya.

  • Berikan Minyak Pijat

Saat bayi anda mengalami batuk dan pilek, langkah awal yang dapat anda lakukan adalah dengan membelurinya dengan minyak pijet, seperti minyak kayu putih atau minyak pijet lainnya. Dengan memberikan minyak pijet pada buah hati, maka tubuh mereka akan hangat. Setidaknya jika tubuh mereka hangat, mereka akan tertidur dan istirahat. Selain itu dengan tubuh mereka hangat, kemungkinan akan mempercepat proses penyembuhan.

  • Membuat Ramuan Jeruk Nipis dan Madu

Cara mengobati batuk pilek pada bayi usia 2 bulan yang kedua adalah dengan Jeruk nipis.Jeruk nipis memang dipercaya dapat digunakan untuk mengobati penyakit ini. Digunakan untuk anak umur 2 tahun juga aman karena menggunakan madu juga sebagai pemanisnya. Cara membuatnya mudah, yaitu kita hanya perlu mencampurkan bahan-bahannya, yaitu 3 sendok makan jeruk nipis, 4 sendok makan madu, serta 4 sendok makan air matang. Setelah semua bahan dimasukan, setelah itu tinggal dikukus selama 10 menit hingga 15 menit. Ramuan ini diminum secukupnya.

  • Kunyit

Rempah-rempah yang satu ini juga dapat digunakan untuk mengobati batuk dan pilek. Untuk mengakalinya, kita bisa menaruhnya di minuman susu yang akan kita gunakan. Dengan mencampurnya dengan susu, maka rasa getirnya tidak akan terasa. Itulah beberapa cara mengobati batuk pilek pada bayi usia 2 bulan secara sederhana yang dapat kita lakukan untuk penanganan awal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top