Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi Usia 3 Bulan

Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi Usia 3 Bulan

Cara Mengobati Batuk Pilek pada Bayi Usia 3 Bulan secara Alternatif

KonsultasiSehat.com. Apakah bayi anda terserang batuk yang disertai pilek? Kedua penyakit tersebut biasanya memang menyerang secara bersamaan.

 cara mengobati batuk pilek pada bayi usia 3 bulan

Karena biasanya penyebab timbulnya karena adanya benda asing yang masuk ke tubuh, dan tubuh berusaha mengusirnya. Kadangkala juga diiringi demam ketika batuk dan pilek menyerang. Bagi anda yang memiliki bayi berumur 3 bulan, tentu merasa sedikit was-was. Terutama berkaitan dengan pemberian obat-obatan kimiawi. Ada cara mengobati batuk pilek pada bayi usia 3 bulan alternatif yang bisa anda tempuh. Apalagi cara ini termasuk aman, karena tidak memanfaatkan obat kimiawi. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Cara mengobati batuk pilek pada bayi usia 3 bulan yang bisa menjadi alternatif anda adalah terapi uap. Berbeda dengan terapi uap orang dewasa, terapi uap bayi dapat dilakukan di rumah. Yang anda butuhkan yaitu air panas (bukan mendidih), baskom kecil, beberapa tetes minyak kayu putih atau minyak telon.

Teteskan minyak kayu putih atau telon ke baskom berisi air panas. Pangku bayi anda sehingga ia berposisi telungkup. Dekatkan kepala bayi anda ke arah baskom, sehingga ia terkena uap baskom. Metode pemanfaatan uap air hangat ini sangat membantu mengurangi hidung yang tersumbat. Untuk anda ketahui bayi pada umur kisaran ini tidak bisa mengeluarkan ingusnya sendiri.

Perlu bantuan dari orang tua untuk membuangnya, anda bisa menyedotnya, atau menelungkupkan bayi dan menepuk punggungnya.Membuang ingus perlu dilakukan untuk membantu si kecil untuk minum asi. Karena seringkali ingus yang penuh di hidung menyulitkan si kecil untuk mengisap asi.

Agar bayi anda bisa mengonsumsi asi dengan baik, maka mau tidak mau anda harus membuang ingusnya. Itulah cara mengobati batuk pilek pada bayi usia 3 bulan yang bisa anda tempuh selain memanfaatkan obat-obatan.Namun jika dalam waktu satu minggu bayi anda tidak ada perkembangan, atau mengalami demam tinggi disertai muntah-muntah, segera rujuk ke dokter terdekat. Barangkali penyebab batuk pilek bayi anda bukan karena virus atau bakteri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top