Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi Usia 5

Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi Usia 5

Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi Usia 5Bulan Dengan Benar

KonsultasiSehat.com. Apakah itu batuk? batuk merupakan sebuah reaksi alamiah yang berfungsi untuk membersihkan sejumlah lender yang berada di saluran pernapasan hidung agar si anak dapat bernapas dengan lega.

cara mengobati batuk pilek pada bayi usia 5

Bagi anda yang memiliki buah hati masih berumur 5 bulan dan terkena batuk, jangan anda terburu – buru dalam memberikan obat batuk pada si bayi karena obat batuk bisa saja membahayakan kesehatan, bisa terjadi pusing atau sulit tidur jika anda memaksakan dalam memberikan obat batuk kepada si bayi. Namun anda tetap harus waspada karena jika terus menerus batuk, tenggorokan akan mengalami lecet atau iritasi. Pilih lah cara mengobati batuk pilek pada bayi usia 5 dengan benar.

Jangan sampai dalam mengobati batuk pilek tersebut membuat kesehatan bayi semakin menurun. Ini lah 5 langkah tentang cara mengobati batuk pilek pada bayi usia 5 dengan baik yang bisa anda coba untuk lakukan. Pertama, berilah kenyamanan.  Para orang tua yang berada di dekat si bayi ketika sakit tentu akan membuatnya merasa nyaman.

Selain perhatian orng tua, keadaan kamar bersih, hangat, tidak pengan dan sirkulasi udara yang lancar juga akan membuat si bayi beristirahat dengan cukup. Langkah yang ke dua, terus lah dalam memberikan ASI serta air putih hangat dalam frekuensi yang cukup sering. Hal tersebut jelas akan membantu pengeluaran dahak.

Langkah ke dua ini juga akan mengurangi hidung mampet dan batuk. Anda juga bisa mengompres menggunakan kain yang sudah di celupkan air hangat di sekitar kening, hidung dan dada. Langkah ke tiga jemur lah bayi anda di bawah sinar matahari ketika pagi untuk menghilangkan slem dan melawan virus.

Langkah ke empat, dalam meolonggarkan pernapasan bisa dengan meneteskan cairan garam fisiologis ke dalam lubang hidungnya sekitar 2 hingga 3 tetes. Dan cara mengobati batuk pilek pada bayi usia 5 yang terakhir, ketika si bayi batuk maka tidurkan dalam posisi terlungkup atau tengkurap karena dengan posisi tersebut dapat melegakan napasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top