Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi Usia 6 Bulan

Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi Usia 6 Bulan

Lima Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi Usia 6 Bulan Secara Aman

KonsultasiSehat.com. Mengatasi batuk dan pilek pada bayi usia 6 bulan bukanlah hal yang mudah. Mengapa? Karena di usia yang masih dini seperti itu, bayi rawan terserang penyakit dan sensitif ketika menerima obat-obatan yang berbahan kimia.

cara mengobati batuk pilek pada bayi usia 6 bulan

Oleh karena itulah ada beberapa cara mengobati batuk pilek pada bayi usia 6 bulan yang tepat dilakukan demi kesehatan si buah hati. Cara yang pertama adalah dengan memberikan asupan ASI berkualitas. Bagaimana cara mendapatkan ASI berkualitas? Tentunya si ibu bayi harus mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung gizi tinggi. Selain itu, ASI adalah satu-satunya makanan bayi yang wajib dikonsumsi sehingga harus benar-benar berupa ASI yang berkualitas.

Cara mengobati batuk pilek pada bayi usia 6 bulan yang kedua adalah dengan menidurkan bayi dalam posisi kepala lebih tinggi dibandingkan dengan tempat tidurnya. Berikanlah bantal atau guling sehingga kepala tertopang. Cara ini bertujuan agar bayi tidak kesulitan ketika mengambil nafas saat tidur. Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak pijat seperti minyak kayu putih (telon). Pijatlah bayi secara perlahan di bagian dada dengan minyak telon.

Namun jangan terlalu banyak karena iritasi bisa saja terjadi pada kulit bayi yang masih sensitif. Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mencampurkan minyak telon pada air hangat dan kemudian dibasuhkan di sekujur tubuh bayi dengan kain. Ini bertujuan agar si bayi mendapatkan kehangatan dan aroma yang bisa menghilangkan batuk pileknya. Ini adalah cara mengobati batuk pilek pada bayi usia 6 bulan yang ketiga.

Adapun cara mengobati batuk pilek pada bayi usia 6 bulan selanjutnya adalah dengan kunyit. Kunyit cukup mudah didapatkan karena merupakan bahan rempah dapur yang umum. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan sedikit bubuk kunyit pada payudara sebelum menyusui si buah hati.

Lakukanlah setidaknya dua kali dalam sehari. Selanjutnya, cara yang kelima adalah dengan memberikan kehangatan dalam ruangan si bayi. Pastikan sirkulasi udara berjalan baik sehingga tidak menyebabkan rasa pengap dan bayi bisa bernafas dengan lega. Itulah beberapa tips mengobati batuk pilek pada bayi yang bisa dilakukan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top