Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi Usia 9 Bulan

Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi Usia 9 Bulan

Mengenal Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Bayi Usia 9 Bulan

KonsultasiSehat.com. Batu pilek merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang anak khususnya bayi yang masih berusia 9 bulan dan perlu adanya cara mengobati batuk pilek pada bayi usia 9 bulan.

cara mengobati batuk pilek pada bayi usia 9 bulan

Penyakit ini biasanya terjadi ketika musim yang kurang bersahabat yaitu musim hujan atau musim dingin. Penyakit batuk pilek yang terjangkit pada bayi, jangan diremehkan karena akan mengganggu kenyamanan bayi dan membuat bayi terus menangis. Batuk pilek ini umumnya akan terjadi dengan waktu yang bersamaan namun hanya sepersekian waktu yang membedakan. Hal ini perlu adanya pertolongan pertama agar batuk pilek pada bayi segera sembuh.

Untuk antisipasinya, berikut ini ada beberapa cara mengobati batuk pilek pada bayi usia 9 bulan, antara lain:

~ Bayi harus banyak istirahat.

~ Memberikan ASI atau air putih yang banyak agar bakteri berupa lendir yang ada di hidung dan tenggorokan segera mengencer.

~ Berikan obat yang sesuai resep dokter yang dapat mengencerkan dahak. Jangan memberikan obat yang hanya bersifat menekankan untuk batuk karena akan menghambat lender yang akan keluar.

~ Berikan obat yang harus sesuai dengan penyakit yang diderita oleh bayi. Jangan berikan sembarangan obat dan teliti betul penyakit bayi agar tidak salah dalam mengkonsumsi obat.

~ Jangan sampai memberikan obat yang tidak sesuai dengan resep dokter yang hanya komersil belaka

~ Jika dalam dua hari tidak ada efek kesembuhannya, segera untuk berkonsultasi kepada dokter agar bayi bisa teratasi penyakit batuk pileknya.

Jika bayi sudah terlihat tidak sehat biasanya gejala yang timbul tidak mau minum ASI ibunya, badannya lemah dan susah bernafas, sebaiknya segera untuk dibawa ke dokter agar menghindari penyakit batuk pilek. Selain itu bayi akan terjangkit demam yang tinggi sehingga menimbulkan batuk yang selalu berbunyi selama beberapa jam.

Ini sangat membahayakan untuk kesehatan bayi. Maka dari itu, cara mengobati batuk pilek pada bayi usia 9 bulan harus hati-hati dan lebih selektif dalam mengobatinya karena keadaan bayi banyak efek samping dalam mengkonsumsi obat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top