Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Biang Keringat Di Kepala Bayi

Cara Mengobati Biang Keringat Di Kepala Bayi

Informasi Tentang Cara Mengobati Biang Keringat Di Kepala Bayi dan Balita

KonsultasiSehat.com. Cara mengobati biang keringat di kepala bayi tidak berbeda jauh dengan cara mengobati biang keringat di bagian kulit yang lain. Pada dasarnya kulit bayi memang masih sangat rentan dan sensitif. Khususnya pada kulit di bagian kepala yang sangat dekat dengan rambut dan paling sering menghasilkan keringat yang dapat menimbulkan gatal-gatal.

Cara-Mengobati-Biang-Keringat-Di-Kepala-Bayi

Berikut adalah beberapa cara mengobati biang keringat di kepala bayi yang harus dilakukan sang ibu:

  1. Kulit di bagian kepala adalah kulit yang paling dekat dengan rambut sehingga produksi keringat lebih meningkat karena rambut menyebabkan panas di kepala. usahakan kulit tersebut selalu dalam keadaan tidak berkeringat.
  2. Ada pun pengobatan secara alami yaitu dengan menggunakan tepung tapioka dicampur dengan air, atau dengan mentimun yang dicampur dengan tepung beras, lalu oleskan pada kulit kepala. Kedua bahan tersebut memiliki sifat yang dingin sehingga dapat mendinginkan kulit kepala bayi.
  3. Selain tepung tapioka dan mentimun yang dihaluskan, bahan lain seperti aci atau sagu yang dicampur dengan alkohol 70% juga dapat mendinginkan kulit bayi yang terkena biang keringat. Oleskan pada bagian kulit yang gatal.
  4. Bisa juga dengan mengoleskan minyak rambut khusus bayi atau minyak telon, lakukan secara teratur.
  5. Jangan sekali-kali menggunakan minyak kayu putih untuk mengurangi rasa gatal pada kulit kepala bayi karena masih terlalu panas untuk kulit bayi.
  6. Anda juga bisa membeli obat lotion gatal khusus bayi di apotik terdekat, atau bedak cair dan bedak dingin. Jika dalam dua hari keadaannya masih belum ada perubahan segera bawa anak anda ke dokter anak untuk dikonsultasikan.

Apabila bisa diatasi sebelum melakukan beberapa cara mengobati biang keringat di kepala bayi, lakukanlah pencegahan agar anak anda terbebas dari biang keringat atau gatal-gatal. Pastikan kulit bayi anda terbebas dari keringat namun tetap lembab agar kulit anak anda merasa sejuk dan lembut. Hindari pemakaian topi atau penutup kepala yang terlalu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top