Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Biang Keringat Pada Bayi Baru Lahir

Cara Mengobati Biang Keringat Pada Bayi Baru Lahir

Pencegahan dan Cara Mengobati Biang Keringat Pada Bayi Baru Lahir

KonsultasiSehat.com. Biang keringat sering terjadi pada bayi yang baru lahir karena kulit bayi yang baru lahir sangat sensitif. Cara mengobati biang keringat pada bayi baru lahir berbeda dengan pengobatan yang dilakukan pada orang dewasa. Kelenjar keringat pada kulit bayi belum berfungsi sempurna seperti kulit orang dewasa oleh sebab itu biang keringat paling sering ditemukan pada kulit bayi.

Cara-mengobati-biang-keringat-pada-bayi-baru-lahir

Tapi jangan khawatir bagi para ibu yang memiliki bayi yang baru lahir, di bawah ini adalah beberapa pencegahan timbulnya biang keringat dan cara mengobatinya:

Pencegahan biang keringat :

–          Pakaikanlah pakian yang agak longgar dan mudah menyerap keringat pada bayi anda atau pakian yang berbahan katun. Jangan gunakan pakaian yang terlalu tebal dan ketat, berbahan nilon atau wol.

–          Ruangan bayi harus ada sirkulasi udara yang cukup, bila perlu sediakan penyejuk udara seperti kipas atau AC.

–          Memandikan bayi secara teratur pagi dan sore hari, akan membantu cara mengobati biang keringat pada bayi baru lahir

–          Jagalah kebersihan kulit bayi dan jaga agar tetap keringdari keringat terutama di bagian leher, ketiak, paha, lekukan lutut, lalu oleskan bedak sampai ke seluruh tubuh.

Pengobatan biang keringat:

–          Sesungguhnya tidak ada pengobatan khusus, cukup pencegahan dan perawatan rutin. Namun jika diperlukan gunakan minyak telon dengan kandungan minyak kelapa 60% supaya tidak terlalu panas.

–          Atau dengan VCO (Virgin Coconut Oil).

–          Gunakan bedak gatal (bedak Salicil) atau bedak tabur biasa secara rutin.

–          Potong kuku bayi untuk mencegah si bayi tidak menggaruk tubuhnya sendiri agar biang keringat tidak semakin parah.

–          Jika terpaksa menggunakan obat, gunakanlah obat gatal khusus anak atau khusus kulit bayi serta yang aman dan terjamin yang bisa anda temukan di toko-toko obat terdekat.

–          Bekas biang keringat akan hilang seiring bertumbuhnya bayi hingga dewasa, oleskan saja minyak zaitun tipis-tipis.

Tidak ada pengobatan khusus pada biang keringat. Jika sudah melakukan cara mengobati biang keringat pada bayi baru lahir tak kunjung sembuh, bahkan menimbulkan alergi atau komplikasi, maka segera tangani lebih serius dan hubungi dokter spesialis kulit atau dokter yang bersangkutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top