Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Mengobati Bintitan Di Dalam Kelopak Mata

Cara Mengobati Bintitan Di Dalam Kelopak Mata

Inilah Cara Mengobati Bintitan di Dalam Kelopak Mata

KonsultasiSehat.com. Bintitan atau sering disebut juga sebagai “timbilan” biasanya oleh orang jaman dahulu dikatakan akibat mengintip seseorang. Sebenarnya dalam ilmu kesehatan ataupun para dokter menyebutkan bintitan/ timbilan ini bukan karena mengintip seseorang, namun sudah teruji bahwa hal tersebut dapat terjadi karena akibat infeksi akut di kelenjar minyak dalam kelopak mata yang disebabkan bakteri kulit (stafilokokus).

Cara-mengobati-bintitan-di-dalam-kelopak-mata

Bintitan ini dalam ilmu kesehatan sering disebut dengan Hordeolum. Bintitan dapat terjadi di kelenjar kelopak atas maupun bawah, dan dapat timbul pada satu kelenjar ataupun lebih. Penyakit ini dapat terjadi di segala usia, baik bayi, anak-anak, maupun dewasa. Cara mengobati bintitan di dalam kelopak mata dapat dilakukan dengan alami maupun dengan pengobatan dokter.

Gejala yang timbul dengan adanya bintitan/ timbilan ini adalah tampak ada benjolan berwarna kemerahan di bagian atas/ bawah kelopak mata. Terkadang ada bintik putih/ kuning dengan pembengkakan kelopak mata. Penderita hordeolum/ bintitan akan merasakan nyeri atau pegal dibagian kelopak mata.

Mata terasa berat, apalagi ketika kepala tertunduk maka nyeri dikelopak mata akan terasa sakit sekali. Mata akan mudah terangsang oleh sinar matahari yang menyengat dan mudah berair. Hordeolum yang sudah matang dapat memecah dengan sendirinya dan mengeluarkan cairan nanah.

Penyakit ini memang tergolong sebagai penyakit ringan, tetapi dapat menyebabkan kematian juga. Maka cara mengobati bintitan di dalam kelopak mata ini sangat diperlukan untuk kita ketahui.

Mengobati bintitan dengan cara alami dapat digunakan dengan memanfaatkan bahan alami seperti bawang putih dan air hangat. Caranya adalah dengan cuci bersih bawangnya, potong bagian ujungnya agar dapat digunakan untuk memoles mata bintitan, poles dengan pelan dan searah, lakukan setiap pagi dan sore.

Bisa juga dengan membasuh dan mengompres mata bintitan dengan air hangat. Berikut merupakan cara mengobati bintitan di dalam kelopak mata dengan pengobatan dari dokter:

  • Lakukan pengompresan dengan air hangat selama 5-15 menit, 4x sehari
  • Gunakan antibiotik topikal (tetes mata/ salep) pada fase peradangan (7-10 hari)
  • Gunakan antibiotik oral (obat yang diminum) ketika tidak ada perbaikan setelah menggunakan antibiotik topikal. Seperti ampisilin, amoksilin, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top