Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Mengobati Bisul Yang Sudah Pecah Agar Cepat Kering

Cara Mengobati Bisul Yang Sudah Pecah Agar Cepat Kering

3 Cara Mengobati Bisul yang Sudah Pecah Agar Cepat Kering dengan Mudah

KonsultasiSehat.com. Bisul merupakan sudatu benjolan yang berbentuk lancip pada kulit. Biasanya bisul terdapat pada bagian tertentu dan tumbuh di dalam kulit.

cara mengobati bisul yang sudah pecah agar cepat kering

Rasanya akan nyeri jika bisul disentuh ataupun didiamkan sekalipun. Ciri dari bisul bisa dilihat dari warnanya yang merah meradang dan terlihat berisi nanah karena infeksi dari bakteri yang telah masuk melalui pori-pori kulit. Bakteri tersebut akan menyerang akar rambut yang kemudian bisa menyebabkan nanah pada bisul. Tapi anda tidak perlu khawatir lagi karena ada cara mengobati bisul yang sudah pecah agar cepat kering.

Berikut ini adalah cara mengobati bisul yang sudah pecah agar cepat kering

1 . Kompres dengan air hangat hangat

Dengan mengompres bisul dengan air hangat, bakteri yang ada pada bisul bisa mati. Dengan begitu lama kelamaan bisul juga akan mengering dengan sendirinya. Anda bisa merendam handuk atau kain yang lembut ke dalam air hangat. Jangan lupa untuk memeras airnya sebelum digunakan untuk mengompres bisul. Kompres bisul anda selama kurang lebih 15 menit. Anda bisa mengulangi cara tersebut secara berulang-ulang sampai bisul anda sudah terasa nyaman. Untuk hasil yang maksimal anda bisa mengompres bisul anda secara rutin dalam dua kali sehari.

2 . Hindari menekan bisul

Menekan bisul hanya akan memperparah keadaan bisul anda. Apalagi bisul anda juga sudah pecah. Jika anda menekannya, maka bakteri pada bisul justru akan menyebar kemana-mana dan akan memicu tumbuhnya bisul ketempat lain.

3 . Selalu usahakan bisul tetap steril

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kontaminasi pada bisul anda. Saat anda sedang mengobati bisul anda, anda harus mencuci tangan anda terlebih dahulu. Handuk atau kain lembut yang anda gunakan juga harus bersih. Ini agar bisul tidak terkontaminasi dan bisa menyebabkan bertumbuhnya bisul baru di tempat lainnya.

Demikianlah cara mengobati bisul yang sudah pecah agar cepat kering. Cukup mudah bukan untuk dilakukan? Sebenarnya yang paling terpenting adalah menjaga agar bisul tidak terkena kotoran yang akan membuat bakteri pada bisul semakin pesa berkembang. Selain itu bisul yang sudah pecah juga bisa cepat kering nantinya jika kebersihannya tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top