Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Mengobati Cacar Air Agar Tidak Berbekas

Cara Mengobati Cacar Air Agar Tidak Berbekas

Cara Mengobati Cacar Air Agar Tidak Berbekas Di Tubuh

KonsultasiSehat.com. Cacar air merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh virus varisella zoster. Secara umum penyakit ini biasa menyerang baik anak-anak maupun orang dewasa. Biasanya penyakit cacar air ini ditandai dengan naikknya suhu badan atau demam, adanya bentol kecil berwarna merah yang biasanya membuat gatal.

Cara-Mengobati-Cacar-Air-Agar-Tidak-Berbekas

Dan biasanya cacar air jika sembuh meninggalkan bekas. Belum lagi jenis penyakit ini merupakan penyakit yang mudah menular baik secara kontak fisik maupun udara. Lalu bagaimana cara mengobati cacar air agar tidak berbekas ditubuh kita? Yuk kita simak jawabannya di artikel ini.

Sebelum terjangkit chicken pox sebenarnya saat kecil kita sudah dicegah melalui imunisasi cacar air, imunisasi ini biasa diberikan pada anak usia 1 sampai 12 tahun. Selain pencegahan cara mengobati cacar air agar tidak berbekas ditubuh yaitu dengan cara menggunakan parutan jagung muda yang diaplikasikan sebagai masker didaerah yang terkena cacar air. Atau bisa juga menggunakan salep yang mengandung asiklovir 5%.

Selain itu jangan menggaruk atau memecahkan cacar, kegiatan tersebut akan meninggalkan bekas kehitaman. Gunakan bedak caladine untuk mencegah timbulnya cacar dibagian lain. Serta jangan lupa untuk meminum paracetamol gunanya untuk menurunkan demam. Jika bintik cacar air pecah karena gesekkan atau hal lain segera gunakan alcohol guna membersihkan luka tersebut, sehingga kita terhindar dari infeksi.

Biasanya ketika kita terjangkit cacar air maka pengobatan yang dilakukan adalah meminum wedang asem gula jawa, gunanya agar bintik cacar air dapat muncul secara cepat dan mampu ditangani secara cepat pula.

Cara mengobati cacar air agar tidak berbekas selanjutnya adalah menggunakan arak cina yang ditumbuk, kemudian diolesi atau bisa juga dengan daun asam jawa dicampur kunyit, kemudian ditumbuk dan diolesi. Gunanya agar bintik merah cacar air dapat kering dengan cepat dan tidak berbekas.

Serta jangan asal mengobati bekas luka yang terkena cacar air karena nantinya bisa- bisa membuat bekas dan infeksi. Selalu perhatikan kebersihan tubuh juga menjadi factor penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top