Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak Balita

Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak Balita

Beberapa Cara Mengobati Cacar Air pada Anak Balita yang Bisa Anda Lakukan

KonsultasiSehat.com. Cacar air merupakan penyakit yang sangat menular dan termasuk ke dalam kelompok virus herpes. Hal ini menyebabkan ruam seperti gejala flu biasa. kebanyakan anak mengalaminya saat masih muda dan termasuk penyakit ringan. Ada banyak cara mengobati cacar air pada anak balita yang ditempuh, terutama menjaga kebersihan si anak. Penyembuhan anak yang terkena cacar air memakan waktu 10 hingga 21 satu hari. Penyebab cacar yaitu adanya virus, sehingga antibiotik tidak akan merespon.

cara-mengobati-cacar-air-pada-anak-balita

Penularan penyakit ini terjadi melalui kontak langsung dengan penderita, begitu juga dengan bayi yang disebabkan karena interaksi dengan penderita. Gejala anak yang terkena cacar air berupa demam, flu ringan, mual, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, dan rasa nyeri.

Barulah beberapa hari kemudian ruam muncul. Dimulai dengan bintik merah kecil, yang kemudian berkembang. Bintik merah kecil pertama kali muncul di wajah, kemudian menyebar ke dada dan perut, kemudian ke bagian tubuh lainnya. Ada kemungkinan bintik merah kecil muncul pada tenggorokan, kulit kepala dan sekitar alat kelaminannya.

Langkah awal dalam cara mengobati cacar air pada anak balita yaitu dengan mengetahui jenis cacar yang menyerang. Cacar bisa sangat berbahaya, karena itu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Cacar akan menghilang dengan sendirinya, namun anda bisa menempuh beberapa langkah untuk perawatan si kecil.

Langkah-langkah yang bisa anda tempuh sebagai berikut ini:

–          Untuk menurunkan dan meredakan sakit anda bisa memberikan parasetamol. Dengan catatan anak anda sudah berusia lebih dari 2 tahun. Bagi anak anda yang alergi, dapat diberikan ibuprofen.

–          Untuk mencegah dehidrasi, anda dapat memberikan suplai cairan yang cukup. Pemberian asi bagi bayi sangat disarankan, karena bermanfaat menjaga asupan nutrisi dan kekebalan tubuhnya.

–          Sedangkan untuk mengatasi rasa gatal, anda dapat menggunakan lotion kelamin.

–          Hal yang harus anda perhatikan dalam cara mengobati cacar air pada anak balita yaitu memperhatikan kuku, untuk mengantisipasi bayi anda menggaruknya, kenakan bayi anda pakaian yang cukup longgar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top