Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kehamilan / Cara Mengobati Cacar Air Pada Ibu Hamil

Cara Mengobati Cacar Air Pada Ibu Hamil

Cara Mengobati Cacar Air Pada Ibu Hamil Yang Aman

KonsultasiSehat.com. Cacar air atau biasa juga disebut chicken pox biasanya dapat menyerang anak-anak maupun orang dewasa, termasuk juga menyerang ibu hamil. Cacar air merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus varisella zoster. Memang penyakit ini disebabkan oleh virus, sehingga nantinya akan sembuh sendiri. Tapi jika virus ini menyerang ibu hamil tentu tidak bisa diremehkan juga. Walau kasus ini jarang terjadi tentu kita harus tahu cara mengobati cacar air pada ibu hamil yang aman.

Cara-Mengobati-Cacar-Air-Pada-Ibu-Hamil

Karena biasanya ibu hamil tidak boleh asal mengkonsumsi obat, ditakutkan akan mengganggu kesehatan janin yang dikandung. Selain itu ibu hamil perlu waspada pada penderita cacar air karena penyakit ini dapat menular baik dari kontak fisik maupun lewat udara.

Sebelum membahas cara mengobati cacar air pada ibu hamil ada baiknya kita mengetahui gejala yang muncul ketika kita terkena penyakit ini, biasanya gejala awal yang timbul antara lain

• badan terasa lelah

• diikuti kondisi demam seperti terserang flu

• beberapa penderita mengalami nyeri sendi ada pula yang mengalami demam berhari-hari

• lalu mulai muncul bintik- bintik merah yang tersebar ditubuh, biasanya disertai rasa gatal

Maka hal yang dapat dilakukan untuk mengobatinya pada ibu hamil segera pergi kedokter, agar diperiksa dan diberikan obat yang tepat, karena kondisi ibu hamil tidak memungkinkan untuk asal minum obat.

Selanjutnya untuk mengurangi bintik merah biasanya bisa menggunakan salep asiklovir, atau bisa menggunakan bedak kaladine untuk mengurangi rasa gatal. Selalu hidup bersih, walau terkena cacar air sebaiknya ibu hamil tetap mandi, bisa menggunakan sabun dari dokter atau sabun antiseptic yang dijual dipasaran.

Cara mengobati cacar air pada ibu hamil selanjutnya adalah hindari untuk memecahkan bintik cacar air, jika terlanjur pecah ada baiknya segera dibersihkan agar tidak menyebar. Atau bisa mengobati dengan cara tradisional yaitu dengan cara meminum jus mengkudu. Jika tidak suka jus mengkudu juga dapat meminum air rebusan temulawak yang dicampur dengan kencur, asam jawa dan jahe. Mudah dan aman, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top