Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Penyakit / Cara Mengobati Cacar Air Pada Orang Dewasa

Cara Mengobati Cacar Air Pada Orang Dewasa

Cara Mengobati Cacar Air Pada Orang Dewasa dengan Baik dan Benar

KonsultasiSehat.com. Gejala dari cacar air yaitu demam, pilek, cepat lelah, lesu, terdapat ruam pada kulit di sekujur tubuh. Cara mengobati cacar air pada orang dewasa sebaiknya dilakukan dengan cepat serta baik dan benar. Karena cacar sering menimbulkan komplikasi bila si penderita sedang mengalami daya tahan tubuh yang sangat tidak bagus atau rendah. Cepat tidaknya penyembuhan pun tergantung dari daya tahan tubuh atau sistem kekebalan tubuh.

Cara-Mengobati-Cacar-Air-Pada-Orang-Dewasa

Langkah yang dilakukan untuk mengobati cacar air adalah sebagai berikut:

  1. Perbanyak istirahat beberapa hari karna ruam akan muncul di sekujur tubuh dan jangan keluar rumah agar tidak terjadi penularan.
  2. Konsumsi air sebanyak mungkin terutama air dingin.
  3. Jangan sekali-kali menyentuh, menggaruk, bahkan memencet ruam karena dapat menimbulkan luka infeksi dan bila dipencet lukanya akan berbentuk lubang dalam (bopeng).
  4. Mandi dan bersihkan tubuh dengan sabun antiseptik yang banyak terdapat dipasaran.
  5. Kenakan pakaian yang ringan dan nyaman supaya tidak terjadi banyak gesekan pada kulit yang terdapat ruam yang dapat menimbulkan gatal.
  6. Jika masih terasa gatal berikan bedak yang mengandung salycil atau bedak cair.
  7. Periksakan ke dokter atau peskesmas terdekat akan membuat penyembuhan lebih cepat.
  8. Minumlah obat yang diberikan dokter secara rutin dan sesuai resep dokter. Bila mengalami demam mintalah obat penurun panas pada dokter yang dikonsultasikan. Karena biasanya penderita cacar air disertai demam.
  9. Sangat dianjurkan selalu minum air mineral sebanyak mungkin untuk membantu perawatan bekas luka dan menetralisir ginjal setelah beberapa hari mengkonsumsi obat.
  10. Setelah melakukan langkah atau cara mengobati cacar air pada orang dewasa dan sembuh, anda juga bisa membuat ramuan tradisional untuk menghilangkan bekas luka cacar air dengan menumbuk beras dan kencur lalu oleskan pada kulit yang terdapat bekas luka tersebut.

Cacar air sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya namun membutuhkan waktu yang lama. Penderita biasanya tidak tahan dengan rasa gatal yang terus dirasakan sehingga penderita harus melakukan beberapa cara mengobati cacar air pada orang dewasa yang dijelaskan di atas dan membutuhkan campur tangan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top