Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Penyakit / Cara Mengobati Cacar Api pada Orang Dewasa

Cara Mengobati Cacar Api pada Orang Dewasa

Pelajari Cara Mengobati Cacar Api pada Orang Dewasa

KonsultasiSehat.com. Penyakit cacar umum diderita baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Sebagai penjelasan lebih lanjut penyakit cacar menyerang daerah kulit manusia. Mudah bagi kita mengenali dan mengidentifikasi penyakit cacar karena biasanya penderita menunjukkan benjolan-benjolan kecil berisi air di permukaan kulit tubuh. Menjelang fase kesembuhan benjolan atau bintil tersebut akan pecah dengan sendirinya.

Cara-Mengobati-Cacar-Api-pada-Orang-Dewasa

Dalam banyak kasus, cacar biasanya menyebabkan noda hitam sebagai bekas dari benjolan yang sudah pecah. Terdapat beberapa jenis penyakit cacar dan salah satunya cacar api. Tidak hanya anak-nak, cacar api pun dapat menyerang orang dewasa. Namun jangan panik karena berikut akan disajikan cara mengobati cacar api pada orang dewasa.

Cacar api atau Impetigo bulosa atau juga disebut cacar monyet. Jenis cacar yang satu ini disebabkan oleh bakteri bernama Staphylococcus aureus dimana penyebarannya tergolong sangat cepat. Benjolan cacar api pada orang dewasa umumnya menyerupai bintil berair dan bernanah kekuningan yang mirip bekas luka sulutan rokok. Permukaan kulit akan mengalami kemerahan serta lepuh yang dengan cepat bisa pecah sehingga meninggalkan bekas kulit mati berwarna kuning.

Sifat lainnya dari cacar api ialah lukanya cepat menular ke bagian kulit lainnya. Bahkan dapat menular pada orang lain melalui cairan dalam benjolan yang pecah kemudian bersentuhan. Itulah yang membedakannya dengan cacar air dimana penularan berlangsung melalui udara. Bagi yang tidak mengetahui cara mengobati cacar api pada orang dewasa, bisa jadi penyakit itu semakin mudah menyebar karena kurangnya kebersihan tubuh dan kondisi lingkungan yang tidak steril.

  1. Hal pertama yang semestinya dilakukan orang dewasa jika tercena cacar api adalah istirahat total guna menurunkan gejala demam.
  2. Selanjutnya sangat dianjurkan untuk memastikan kulit dalam kondisi bersih setiap saat. Dan jangan memakai barang-barang yang telah terkontaminasi. Pastikan barang yang akan dipakai telah dicuci menggunakan air mendidih dan telah steril.
  3. Gunakan obat-obatan yang berindikasi menurunkan rasa gatal.
  4. Kemudian sebagai cara mengobati cacar api pada orang dewasa yang terakhir yaitu isolasi diri guna mencegah penularan pada orang lain.

Demikian informasi pengobatan dan penyembuhan penyakit cacar air yang bisa anda coba. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semua pembaca website ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top