Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kehamilan / Cara Mengobati Cacing Kremi pada Ibu Hamil

Cara Mengobati Cacing Kremi pada Ibu Hamil

Cara Mengobati Cacing Kremi Pada Ibu Hamil Secara Efektif

KonsultasiSehat.com. Infeksi cacing kremi dipandang sebagai penyakit sepele dan oleh karenanya tidak mendapatkan perhatian serius dari penderitaya sendiri apalagi dari pihak pemerintah. Padahal jenis penyakit ini banyak menyerang tanpa pandang usia. Artinya anak-anak, remaja, orang dewasa, bahkan ibu hamil pun dapat terjangkit cacing kremi. Kita mengenal cacing kremi sebagai cacing parasit kecil yang hidup dalam sistem pencernaan manusia.

Cara-Mengobati-Cacing-Kremi-pada-Ibu-Hamil

Bagi ibu hamil yang biasanya lebih fokus pada masalah kesehatan, infeksi cacing kremi pasti akan mengganggu. Bisa juga menimbulkan kepanikan jika sampai berefek buruk terutama pada janin. Maka dari itu tidak ada salahnya menambah wawasan tentang cara mengobati cacing kremi pada ibu hamil. Awalnya seseorang bisa tanpa sengaja menghirup telur cacing kremi dan kemudian berkembang biak di usus. Tahap selanjutnya cacing betina akan bergerak ke dubur untuk bertelur hingga menyebabkan gatal.

Khusus untuk ibu hamil disarankan bahwa; langkah apapun yang akan diambil untuk mengobati infeksi cacing kremi, alangkah bijaksananya berkonsultasi lebih dulu dengan dokter kandungan. Pasalnya karena ibu hamil menyangkut dua nyawa maka janganlah gegabah mengambil tindakan pengobatan, baik pilihan obat tradisional maupun modern. Berikut ini terdapat beberapa alternatif yang dapat dijadikan pembelajaran sebagai cara mengobati cacing kremi pada ibu hamil.

  1. Mutlak menjaga kebersihan. Contoh sederhananya adalah rajin mencuci tangan setelah menggaruk area yang gatal maupun setiap akan melakukan kontak dengan orang lain.
  2. Memanfaatkan bawang putih yang dipercaya berkhasiat memerangi cacing kremi. Caranya adalah dengan menggerus bawang putih dan mencampurnya dengan Vaseline lalu mengoleskannya di daerah sekitar anus yang gatal.
  3. Mengurangi konsumsi gula sebab cacing kremi dapat hidup lebih agresif ketika mereka mendapatkan banyak asupa gula.
  4. Ramuan buah wortel dan santan kelapa. Caranya dengan memarut buah wortel dan mengambil air perasannya. Lalu campur dengan air, santan kelapa, dan ramuan pun dapat segera diminum.
  5. Menambahkan cengkeh dalam menu makanan. Cengkeh terbukti dapat membunuh telur parasit yang terdapat di dalam usus manusia.

Demikian paparan tentang cara mengobati cacing kremi pada ibu hamil, semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top