Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Obat / Cara Mengobati Cacing Kremi Pada Orang Dewasa

Cara Mengobati Cacing Kremi Pada Orang Dewasa

Inilah Cara Mengobati Cacing Kremi Pada Orang Dewasa

KonsultasiSehat.com. Sebuah penelitian menyebutkan sekitar sembilan puluh persen anak-anak di Indonesia terkena infeksi penyakit cacingan. Akan tetapi salah besar jika kita beranggapan orang dewasa dapat terbebas dari ancaman penyakit cacingan. Umumnya terdapat beberapa jenis cacing yang dapat ditemukan dalam usus manusia yaitu cacing gelang, cacing cambuk, cacing tambang, dan cacing kremi.

cara-mengobati-cacing-kremi-pada-orang-dewasa

Lebih spesifik dapat dijelaskan bahwa infeksi cacing kremi disebabkan oleh jenis cacing Enterobius vermicularis yang tumbuh dan berkembangbiak di usus. Pada orang dewasa infeksi cacing kremi akan menimbulkan gejala berupa rasa gatal di sekitar anus. Jika Anda merasa mengalami gejala tersebut, sebaiknya pelajarilah cara mengobati cacing kremi pada orang dewasa karena jika dibiarkaninfeksi cacing kremi bisa menimbulkan komplikasi berbahaya.

Infeksi cacing kremi terjadi melalui dua tahap; fase pertama ketika telur cacing pindah dari area sekitar anus penderita ke benda seperti sprei dan pakaian, kemudian tersentuh tangan atau melalui udara hingga bisa tertelan. Di dalam usus kecil, larva cacing kremi menetas dan tumbuh dewasa dalam usus besar. Dan cacing dewasa akan bergerak ke sekitar anus untuk menyimpan telurnya, dan kurang lebih itulah yang kemudian menimbulkan rasa gatal.

Gejala lain yang ditunjukkan oleh penyakit cacing kremi ialah nafsu makan berkurang dan terjadi infeksi pada kulit di sekitar anus. Pada orang dewasa infeksi cacing kremi yang tidak segera diatasi dapat menimbulkan vaginitis/ peradangan vagina atau salpingitis/ peradangan saluran indung telur.

Cara mengobati cacing kremi pada orang dewasa dapat ditempuh melalui :

  1. Dengan memberikan obat anti-parasit seperti mebendazole atau pirantel pamoat. Yang perlu menjadi perhatian adalah bahwa seluruh anggota keluarga harus diberikan obat yang sama karena infeksi cacing kremi sangat mudah menular.
  2. Gunakan sabun anti-septik pembunuh bakteri untuk cuci tangan setelah menggaruk area sekitar anus yang gatal oleh cacing kremi. Meski demikian para dokter menyarankan agar tidak terlalu keras menggaruk dubur karena bisa mengakibatkan radang pada dubur.
  3. Untuk mengurangi rasa gatal dapat diatasi dengan salep atau krim anti-gatal di daerah sekitar anus.

Dan jangan lupa untuk senantiasa menjaga kebersihan tubuh sebagai salah satu cara mengobati cacing kremi pada orang dewasa seperti rutin memotong kuku, mencuci tangan, dan membersihkan jamban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top