Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Mengobati Cacingan Pada Anak Secara Alami

Cara Mengobati Cacingan Pada Anak Secara Alami

Cara Mengobati Cacingan Pada Anak Secara Alami Dan Terbukti Ampuh

KonsultasiSehat.com. Menajaga kondisi anak tetap sehat memang tidak gampang, terlebih jika ia tengah dalam masa aktif.   Terkontaminasi dengan lingkungan yang tidak sehat sangatlah lumrah, padahal hal tersebut adalah hal yang sangat mempengaruhi kesehatan anak.

cara mengobati cacingan pada anak secara alami

Penyakit yang kerap kali menimpa anak adalah cacingan, hal ini terjadi karena anak masih belum mengerti tentang kebersihan, mereka cenderung asyik bermain ditempat yang kotor atau bermain tanah, dan setelah itu tangan yang masih dalam keadaan kotor digunakan untuk memakan sesuatu tanpa terlebih dahulu mencucinya.

Dengan begitu anak tentu mendapati masalah cacingan karena hal tersebut. Meski begitu bagi orang tua yang anaknya telah dalam kondisi cacingan, ada cara mengobati cacingan pada anak secara alami yang ampuh dilakukan untuk menghilangkan gejala cacingan.

Adapun langkah yang bisa diterapkan oleh orang tua pada anaknya yang terkena penyakit cacingan, bisa melakukan pengobatan alami sebagai berikut ini :

  • Menggunakan wortel, wortel mampu memberantas cacingan pada anak dengan cara memarut wortel seperlunya, dan peras airnya dan kemudian campur air tersebut dengan santan kental dengan  menambahkan sedikit garam, lalu aduk hingga rata dan minumlah sehari sekali.
  • Menggunakan daun mangga, daun mangga ternyata memiliki manfaat untuk mengobati masalah cacingan. Cara mengobati cacingan pada anak secara alami bisa dilakukan dengan daun mangga. Pada daun mangga memiliki zat antelmintik yang mampu membantu mencegah penyakit cacingan dan sekaligus membunuh bakteri serta kuman didalam perut. Cara yang dilakukan ialah merebus selama 15 menit untuk mengeluarkan zat antelmintik pada daun mangga. Setelah itu taruhlah dalam gelas rebusan dari daun mangga dan minumlah.
  • Menggunakan kelapa, kelapa juga memiliki keunggulan dalam menyembuhkan penyakit cacingan. Cara yang bisa dilakukan ialah gunakan 1 buah wortel dan 1/4 kelapa, cuci semunya hingga bersih, lalu perutlah dan campur semua parutan pada segelas air matang. Lalu peras dan minumlah sebelum tidur.
  • Menggunakan biji jeruju, cara yang dilakukan untuk membuat ramuan dari biji jeruju ialah, siapakan 4-6 butir biji jeruju lalu tumbuh hingga halus, kemudian seduh biji jeruju yang sudah dihaluskan dengan setengah gelas air panas. Dinginkan terlebih dahulu dan minum hingga habis. Hal ini dilakukan sehari sekali saat mengalami cacingan.

Seperti itulah cara mengobati cacingan pada anak secara alami yang dapat dilakukan oleh anda selaku orang tuanya. Semoga pembahasan ini dapat memberikan manfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top