Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Penyakit / Cara Mengobati Campak Pada Anak 1 Tahun

Cara Mengobati Campak Pada Anak 1 Tahun

Cara Mengobati Campak Pada Anak 1 Tahun Dengan Benar

KonsultasiSehat.com. Tentu para orang tahu mengenai penyakit campak ini. Penyakit campak merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yaitu virus morbillivirus. Penyakit campak juga dikenal dengan sebutan measles dan rubeola. Penyakit campak masih menjadi penyakit penyebab kematian anak-anak, dan anak yang berusia 1-2 tahun menjadi tingkat kematian tertinggi.

Cara-Mengobati-Campak-Pada-Anak-1-Tahun

Campak merupakan penyakit yang menular, biasanya penularan ini melalui media kontak fisik dan udara. Pada penderita campak ditandai dengan 3 fase yaitu :

  • fase inkubasi yaitu fase mulai terpapar hingga muncul gejala
  • fase prodomal yaitu demam, batuk, pilek
  • fase akhir yaitu demam tinggi disertai munculnya bercak kemerahan

Lalu bagaimana cara mengobati campak pada anak 1 tahun yang benar, agar tidak salah dalam menangani?

Biasanya penyakit yang dikarenakan virus biasanya akan sembuh sendiri, namun kesembuhan setiap penderita berbeda, karena kesembuhan ini tergantung dari daya tahan tubuh si penderita. Cara mengobati campak pada anak 1 tahun dapat menggunakan pengobatan yang bersifat suportif, yaitu berupa :

  • istirahat total
  • minum obat penurun panas
  • banyak minum untuk memenuhi cairan tubuh
  • konsumsi vitamin A

Selain itu campak bisa diobati dengan bahan alami seperti, menggunakan daun asam yang direbus dengan kunyit kemudian diminum dengan ditambahkan gula agar nikmat saat dikonsumsi. Selain itu bisa juga mengobati dengan air dari rebusan bunga gondola. Namun alangkah baiknya jika pengobatan dilakukan oleh dokter. Karena bila dikonsultasikan ke dokter tentu kita dapat meminimalkan gejala lain yang mungkin timbul.

Ada baiknya selain mengetahui cara mengobati campak pada anak 1 tahun kita juga mengetahui pencegahannya, sehingga anak dapat terhindar dari penyakit ini. Pertama pencegahan yang dapat dilakukan yaitu dengan mengikuti vaksin campak tentu gunanya untuk menambah daya tahan tubuh si anak. Selain itu mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh juga diperlukan.

Pastikan asupan yang diterima si anak sesuai dengan kebutuhannya. Jangan lupa ikuti prosedur jika pencegahan menggunakan imunisasi campak. Serta konsultasikan dengan dokter anak mengenai vaksin tersebut agar para orangtua juga paham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top