Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Campak Pada Bayi 4 Bulan

Cara Mengobati Campak Pada Bayi 4 Bulan

Cara Mengobati Campak Pada Bayi 4 Bulan Secara Alami

KonsultasiSehat.com. Salah satu penyakit yang harus bunda waspadai adalah penyakit campak atau yang dikenal juga dengan tampek, morbili atau measles. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus rubeola atau morbili dan jika tidak segera mendapat penanganan yang tepat maka penderita penyakit campak beresiko mengalami sejumlah komplikasi yang bisa berakibat fatal.

cara mengobati campak pada bayi 4 bulan

Penyakit campak juga termasuk penyakit yang mematikan bahkan cukup banyak bayi yang menjadi korban dari penyakit ini. Yang menyebabkan para orang tua sering terlambat melakukan penanganan terhadap penyakit campak lantaran gejala dari campak yang mirip dengan flu sehingga sulit untuk dikenali. Berikut ini adalah informasi seputar cara mengobati campak pada bayi 4 bulan secara alami.

Sebelum membahas mengenai cara mengobati campak pada bayi 4 bulan secara alami ada baiknya kita membahas sedikit penyakit ini. Campak bisa ditularkan lewat udara sepert bersin dan percikan air ludah.

Selain itu kontak langsung dengan kulit penderita campak atau memakai perlengkapan makan dan mandi yang sama juga bisa menjadi media penularan campak jadi pastikan bunda menjaga selalu si kecil apalagi bila buah hati bunda belum mendapatkan imunisasi campak.

Gejala penyakit campak akan muncul setelah 10 hari seorang bayi tertular virus campak dan gejalanya sangat mirip dengan gejala flu biasa dan pada tahap berikutnya mulai muncul bercak kemerahan yang menyebar di seluruh tubuh mulai dari belakang telingga hingga perut.

Ada beberapa cara mengobati campak pada bayi 4 bulan secara alami yang cukup ampuh salah satunya adalah dengan pemberian ASI karena dengan meminum ASI maka sistem kekebalan tubuh bayi akan meningkat dan tetap terjaga. Cara yang kedua dengan menggunakan obat herbal yang terbuat dari daun asam muda serta kunyit.

Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan menumbuk daun asam muda dan kunti sampai halus kemudian balurkan pada tubuh penderita campak secara teratur. Selain itu bunda bisa memberikan obat herbal berupa air rebusan biji buah nangka dua kali sehari secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top