Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Demam Pada Anak 1 Tahun

Cara Mengobati Demam Pada Anak 1 Tahun

4 Cara Mengobati Demam Pada Anak 1 Tahun

KonsultasiSehat.com. Usia satu tahun adalah saat di mana anak tengah aktif dan lucu-lucunya. Namun, ketika demam menyerang, anak biasanya berubah menjadi lebih rewel dan gelisah. Hal ini tentunya sangat mengusik ketenangan Ibu.

cara mengobati demam pada anak 1 tahun

Oleh karena itu, ada baiknya Ibu mengetahui cara mengobati demam pada anak 1 tahun agar dapat mengatasi demam pada anak sewaktu-waktu penyakit ini muncul. Selalu menyediakan termometer di rumah adalah sebuah tindakan yang bijak. Dengan begitu, anda bisa segera tahu apakah suhu tubuh anak anda masih normal atau tidak ketika demam menghampirinya.

Perlu anda ketahui, suhu tubuh yang normal bagi balita adalah 36 derajat hingga 37 derajat celsius. Demam tinggi terjadi saat temperatur tubuh anak mencapai 38 hingga 40 derajat celcius. Mengatasi demam pada anak bisa dilakukan dengan beberapa cara:

  1. Kompres dingin dan kompres hangat.

Kompreslah anak dengan air yang tidak terlalu dingin atau menggunakan air hangat untuk mengurangi panas tubuhnya.

  1. Memberi obat penurun panas.

Beberapa obat  penurun panas seperti paracetamol dan ibufron yang bisa dengan mudah kita dapatkan di apotik juga sangat mampu untuk menghilangkan demam. Berikan obat penurun panas ini setiap 4 hingga 9 jam sekali, mudah-mudahan panas dan demam dapat segera hilang.

  1. Cara mengobati demam pada anak 1 tahun juga bisa dilakukan dengan memberi obat penurun panas yang berasal dari bahan-bahan  tradisional seperti, temulawak, kunyit, sambiloto, dan bawang merah.
  2. Pergi ke dokter.

Umumnya, panas dan demam berlangsung sekitar dua hingga tiga hari saja. Selepas itu, maka suhu tubuh anak akan kembali normal dan anak bisa bermain dan melakukan kegiatan sebagaimana biasanya.

Namun, jika suhu tubuh mencapai  suhu 41 derajat ke atas atau demam tidak berangsur-angsur menurun hingga 4 atau 5 hari, maka satu-satunya cara mengobati demam pada anak 1 tahun adalah dengan membawanya ke dokter atau rumah sakit. Demam yang berlangsung lebih dari 3 hari biasanya juga disertai gejala-gejala lain seperti suhu dehidrasi, kejang, diare, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top