Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Demam Pada Anak Secara Tradisional

Cara Mengobati Demam Pada Anak Secara Tradisional

Cara Mengobati Demam Pada Anak Secara Tradisional Yang Ampuh

KonsultasiSehat.com. Demam pada anak tidak harus diatasi dengan memberi obat penurun panas seperti paracetamol dan obat-obatan lainnya. Pemberian obat-obatan tersebut dengan cara dan dosis yang tidak tepat bisa jadi justru membahayakan kesehatan si kecil buah hati kita.

cara mengobati demam pada anak secara tradisional

Pengobatan tradisional dianggap lebih alami dan tidak berbahaya. Cara mengobati demam pada anak secara tradisional cukup mudah. Inilah beberapa bahan alami yang dapat kita manfaatkan sebagai penurun demam pada anak.

–          Pertama  adalah sambiloto. Tumbuhan yang memiliki nama latin Andrographis Paniculata ini memiliki kandungan yang sangat berfungsi untuk meredakan demam. Caranya, rebus daun sambiloto kering sebanyak 10 gram bersama dengan 25 gram umbi kunyit kering ke dalam 200 ml air. rebus air sampai mendidih hingga air tersisa setengahnya, kemudian saring. Tambahkan 100 ml madu mahoni dan aduk rata. Bagi menjadi tiga ramuan ini dan minum untuk tiga kali sehari.

–          Cara mengobati demam pada anak secara tradisional yang ke dua adalah dengan memanfaatkan bawang merah. Kandungan minyak atsiri, metilaliin, floroglusin, siklolaliin, kuesterin, dan juga kaemferol yang dimiliki bumbu dapur ini bisa berguna untuk menurunkan panas pada anak. Cara pemanfaatannya pun cukup mudah  yaitu dengan memarut kasar bawang merah, lalu campurkan dengan sedikit minyak kelapa. Setelah itu, balurkan parutan bawang merah tersebut ke ubun-ubun dan tubuh anak.

–          Terakhir adalah dengan meminum air kelapa muda. Demam yang dialami oleh anak, membuat tubuhnya melepas cairan lebih cepat yaitu dengan cara mengeluarkan keringat. Meminum minuman yang mengandung banyak mineral harus dilakukan untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Air kelapa muda memiliki banyak mineral yang mampu menggantikan mineral tubuh seperti kalium. Dengan begitu, memberi anak air kelapa muda saat demam sangat dianjurkan.

Pada zaman dahulu, tiga cara pengobatan di atas sering dilakukan untuk menurunkan panas demam. Memang pada faktanya, ketiga caramengobati demam pada anak secara tradisional tersebut benar-benar mampu mengobati dan menurunkan demam yang dirasakan oleh si kecil. Jadi, tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba cara-cara tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top