Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Demam Pada Bayi 6 Bulan

Cara Mengobati Demam Pada Bayi 6 Bulan

Cara Mengobati Demam pada Bayi 6 Bulan yang Mudah

KonsultasiSehat.com. Seorang ibu akan merasa panik ketika melihat buah hatinya terserang demam tinggi. Ketika buah hati mereka demam, mereka akan terlihat lesu dan tidak bersemangat. Mereka juga selalu merasa tidak nyaman dan berakhir dengan tangisan. Hal ini kerap kali kita temui ketika buah hati kita mengalami demam.

cara mengobati demam pada bayi 6 bulan

Hal pertama untuk mengetahui apakah buah hati kita terkena demam adalah melakukan pengamatan terhadap bayi yang masih berusia 6 bulan. Kita dapat mengecek suhu tubuh bayi dengan menggunakan termometer. Jika termometer menunjukkan suhu 37 derajat celcius, bayi dapat dikatakan terserang demam. Saat bayi sudah pasti terserang demam, kita harus segera melakukan berbagai cara mengobati demam pada bayi 6 bulan kita ini.

Cara mengobati demam pada bayi 6 bulan yang dapat kita lakukan pertama kali adalah dengan memberikan kompres air hangat. Kenapa tidak menggunakan air dingin? Air dingin yang digunakan untuk mengkompres akan membuat tubuh menggigil dan mengakibatkan tubuh memproduksi hawa panas.

Jika keadaannya seperti ini, suhu tubuh bukannya turun justru suhu tubuh akan naik. Untuk itulah air hangat sangat cocok untuk mengkompres bayi 6 bulan kita. Selain itu kita juga harus banyak memberikan cairan seperti air putih. Hal ini bertujuan agar bayi 6 bulan kita tidak mengalami dehidrasi. Pemberian air susu ibu juga dapat dijadikan pilihan jika bayi kita menolak untuk mengkonsumsi air putih.

Jika cara mengobati demam seperti di atas masih kurang berhasil, pemberian obat secara oral dapat dilakukan. Pada bayi berusia 6 bulan, kita tidak perlu khawatir memilih obat penurun demam karena pada usia ini bayi tidak terlalu kaget akan zat yang di dapat dari luar tubuh. Pilihan obat penurun demam bagi bayi berusia 6 bulan juga cukup beragam.

Cara mengobati demam pada bayi 6 bulan dapat diberikan obat penurun demam yang berbentuk drop dan sirup. Jika penurun demam yang berbentuk drop masih berefek pada bayi 6 bulan, pemberian obat drop masih dianjurkan. Jika penurun panas berbentuk drop sudah tidak berefek lagi, ada baiknya bila bayi diberikan obat penurunan panas berbentuk sirup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top