Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Demam Pada Bayi 7 Bulan

Cara Mengobati Demam Pada Bayi 7 Bulan

Gejala Serta Cara Mengobati Demam Pada Bayi 7 Bulan

KonsultasiSehat.com. Infeksi virus seperti batuk dan pilek adalah faktor utama penyebab demam pada anak yang paling sering dijumpai. Penyebab demam infeksi saluran kencing dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh infeksi bakteri sangat jarang ditemui.

cara mengobati demam pada bayi 7 bulan

Selain itu, bayi juga bisa mengalami demam setelah di vaksin, overheat karena pakaian terlalu hangat, atau karena terlalu lama berada di bawah teriknya matahari. Obat penurun panas, misalnya paracetamol dapat menurunkan panas bayi yang disebabkan oleh flu dan infeksi virus. Cara mengobati demam pada bayi 7 bulan dengan paracetamol dapat dilakukan dengan pemberian paracetamol setiap 4 jam sekali. Pemberian obat ini juga dibantu dengan kompres hangat hingga temperatur berangsur-angsur menurun.

Periksa suhu bayi anda secara berkala untuk mengetahui apakah panas tubuhnya masih tetap atau sudah menurun. Jika suhu tubuh sudah menurun pada angka 36 hingga 37 derajat celcius, maka anda boleh bernafas lega karena itu artinya demam sudah hilang dari tubuh anak anda. Biasanya, demam dan panas hanya berlangsung dalam waktu 2 sampai 3 hari.

Untuk menghindari dehidrasi selama mengalami panas dan demam, berikanlah asi secukupnya pada anak anda. Menjaga pola makan agar tetap sehat juga harus anda lakukan karena biasanya anak akan kehilangan nafsu makannya ketika demam sedang menghampiri. Anda harus segera membawa bayi anda ke dokter jika cara mengobati demam pada bayi 7 bulan tidak berhasil menurunkan panas anak. Perhatikan juga apakah ada hal-hal lain seperti:

  • bayi cenderung tertidur lama dan kehilangan respon
  • munculnya masalah bernafas atau kesulitan saat makan setelah pemberian paracetamol atau obat lainnya
  • muncul bercak-bercak kemerahan
  • terdapat tanda-tanda dehidrasi pada bayi seperti kencing berkurang, mata cowong, ubun-ubun cekung, serta tidak adanya air mata saat menangis
  • panas tinggi disertai kejang
  • panas tidak turun meski sudah melewati waktu 4 hari
  • suhu tinggi di atas 41 derajat celcius.

Jika gejala di atas dialami oleh bayi anda, segeralah pergi ke dokter untuk memeriksa keadaan bayi anda. Demikianlah cara mengobati demam pada bayi 7 bulan yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top