Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Demam Pada Bayi 9 Bulan

Cara Mengobati Demam Pada Bayi 9 Bulan

Tips Cara Mengobati Demam Pada Bayi 9 Bulan

KonsultasiSehat.com. Apa yang harus kita lakukan ketika menghadapi anak yang panas dan demam tinggi? Beberapa orang tua yang merasa resah dan panik mungkin langsung pergi membawa anak mereka ke dokter tanpa pikir panjang.

cara mengobati demam pada anak 9 bulan

Dan beberapa lainnya berusaha mengatasi sendiri masalah demam yang diderita si kecil. Ada beberapa cara mengobati demam pada bayi 9 bulan, cara ini cukup mudah untuk dilakukan.

  1. Pertama, ukurlah suhu bayi pada bagian ketiak. Jika suhu tubuh masih 37,5 derajat atau 38 derajat celcius, anda masih bisa merawat bayi anda sendiri di rumah. Namun jika suhu tubuh telah mencapai 40 derajat celcius, bawa segera bayi anda ke dokter atau rumah sakit.
  2. Susui bayi anda agar suhu tubuhnya yang tinggi, tidak menyebabkan tubuh dehidrasi. Pemberian asi saat bayi sedang mengalami panas dan demam sangat dibutuhkan.
  3. Lebih baik, hindari pemberian parasetamol atau obat penurun panas yang lain selama suhu tubuh masih satu atau dua derajat di atas suhu normal, yaitu 36-37 derajat celcius.
  4. Kompres anak anda menggunakan air hangat. Cara mengobati demam pada bayi 9 bulan  dengan kompres air hangat dinilai efektif untuk menurunkan panas demamnya. Selain itu, mengkompres bagian ketiak bayi juga akan membuat bayi merasa sedikit lebih nyaman sehingga bayi tidak rewel dan menangis terus menerus.
  5. Pakaikanlah pakaian yang tipis dan nyaman. Saat sedang demam, orang tua kadang berfikir bahwa anaknya akan merasa sangat kedinginan sehingga mereka memakaikan baju tebal serta menyelimutinya. Padahal, baju tebal yang panas akan membuat anak merasa gerah dan semakin tidak nyaman.

Langkah-langkah di atas perlu di lakukan seorang Ibu. Pendapat beberapa dokter menyatakan, bahwa membuat anak merasa nyaman adalah hal yang harus lebih di pikirkan sang Ibu dari pada memikirkan bagaimana cara mengobati demam pada anak 9 bulan. Karena, demam pada bayi sebenarnya bukanlah sebuah penyakit melainkan reaksi tubuh yang sedang bekerja melawan infeksi virus di dalam tubuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top