Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Demam Pada Bayi Baru Lahir

Cara Mengobati Demam Pada Bayi Baru Lahir

Adakah Cara Mengobati Demam pada Bayi Baru Lahir?

KonsultasiSehat.com. Seorang ibu yang dikaruniakan oleh kehadiran seorang bayi merupakan kebahagiaan yang tiada tara. Dengan memiliki seorang bayi, seseorang telah menjadi wanita seutuhnya. Apalagi jika mereka dikaruniakan dengan seorang bayi yang berparas tampan dan cantik.

cara mengobati demam pada bayi baru lahir

Kebahagiaan tersebut bisa saja langsung sirna ketika mereka dihadapkan dengan keadaan dimana bayi yang baru dilahirkan terserang demam. Lalu adakah cara mengobati demam pada bayi baru lahir? Pertanyaan ini yang timbul di benak mereka ketika berada dalam posisi seperti itu. Mereka mengetahui jika bayi yang baru dilahirkan sangat rentan akan hal asing yang datang dari luar tubuh mereka. Inilah mengapa seorang ibu harus extra hati-hati dalam memberikan obat kepada bayi mereka.

Cara mengobati demam pada bayi baru lahir yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan selimut yang hangat agar suhu badan bayi tetap terjaga. Balut seluruh tubuh bayi dengan posisi yang membuat bayi tetap merasa nyaman. Kehangatan yang berasal dari ibu juga dapat membantu proses penurunan suhu tubuh. Ibu dapat menggendong bayi seperti pose bayi kangguru yang berada pada kantung induknya.

Dalam posisi seperti ini bayi selalu berada pada suhu yang hangat dan merasa nyaman berada digendongan ibunya. Ibu juga harus memberikan air susu ibu yang cukup agar bayi tidak lemas dan tetap terpenuhi nutrisinya dari asi tersebut. Berikan air susu ibu secara bertahap dalam intensitas yang sering.

Apabila suhu tubuh bayi baru lahir masih tinggi, ibu dapat melakukan pengompresan kepada bayi. Berikan kompres dengan menggunakan air hangat dan jangan sekali-kali menggunakan air dingin. Selain melakukan pengompresan pada kening bayi, ibu juga dapat melakukan pengompresan ke seluruh bagian tubuh bayi.

Caranya dengan mengelap seluruh tubuh bayi secara merata dengan air hangat dan keringkan dengan kain kering. Jika cara ini belum juga dapat menurunkan suhu tubuh bayi, cara mengobati demam pada bayi baru lahir yang lain adalah dengan memberikan terapi obat. Pilihlah obat penurun demam dalam bentuk drop karena dosisnya yang rendah dan aman dikonsumsi oleh bayi baru lahir. Jadi ibu tak perlu risau karena ada juga cara mudah menangani demam pada bayi baru lahir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top