Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Demam Pada Bayi Umur 2 Bulan

Cara Mengobati Demam Pada Bayi Umur 2 Bulan

Tips Dan Cara Mengobati Demam Pada Bayi Umur 2 Bulan

KonsultasiSehat.com. Demam yang terjadi pada anak kerap kali membuat kita panik dan tidak bisa memikirkan  bagaimana cara mengobati demam pada bayi umur 2 bulan. Bukannya segera menangani, tapi kita justru jadi membuang-buang waktu karena kepanikan kita. Kunci utama menghadapi anak yang sakit adalah tetap bersikap tenang.

cara mengobati demam pada bayi umur 2 bulan

Demam bukan sebuah penyakit, melainkan reaksi atau tanda sistem kekebalan tubuh yang sedang aktif bekerja. Tak jarang tubuh bayi terasa hangat saat disentuh. Padahal,  jika diukur dengan termometer suhu hanya naik sekitar 0,5 derajat celsius dari suhu normalnya, 36-37 derajat celsius. Apabila panas bayi melebihi 37 derajat celsius barulah itu menandakan bayi anda mengalami demam, lakukanlah langkah ini saat temperatur tubuh bayi anda semakin tinggi:

  • Ukur suhu tubuhnya melalui telinga, ketiak, atau anus. Jangan mengukur suhu tubuh bayi anda ketika baru selesai mandi karena suhu akan terukur lebih rendah dari suhu yang sebenarnya.
  • Biasanya, bayi juga muntah-muntah saat mengalami demam. Segera susui bayi kembali untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang karena muntah. Memberikan asi yang cukup akan mencegah bayi mengalami dehidrasi.
  • Pakaikan baju yang tipis saat bayi sedang demam dan usahakan bayi berada pada ruangan yang nyaman dan memiliki sirkulasi udara baik. Memakaikan baju atau selimut tebal dan mendiamkan bayi di ruangan yang pengap dan panas akan  membuat bayi tidak nyaman. Dampaknya, bayi akan rewel dan terus menangis.
  • Cara mengobati demam pada bayi umur 2 bulan  juga bisa dilakukan dengan mengkompres bayi anda dengan air hangat di bagian lipatan paha atau bagian ketiak.
  • Jika temperatur tidak kunjung turun, jangan memberinya obat penurun panas. Lebih baik bawa segera bayi anda ke dokter untuk memeriksanya.

Pada umumnya, demam terjadi karena adanya reaksi infeksi, terutama infeksi virus. Biasanya tubuh bayi mampu mengatasi infeksi tersebut dalam waktu 2-3 hari. Setelah itu, suhu tubuhnya akan kembali normal seperti sebelumnya. Demikianlah cara mengobati demam pada bayi umur 2 bulan, semoga tulisan ini dapat membantu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top