Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Demam Pada Bayi Usia 2 Bulan

Cara Mengobati Demam Pada Bayi Usia 2 Bulan

5 Cara Mengobati Demam Pada Bayi Usia 2 Bulan Secara  Aman

KonsultasiSehat.com. Sebagai orang tua, sangat wajar jika kita khawatir dengan kesehatan bayi kita. Apalagi jika bayi mengalami demam padahal usia baru menginjak dua bulan.

cara mengobati demam pada usia 2 bulan

Oleh karena itu, kita perlu tahu bagaimana cara mengobati demam pada bayi usia 2 bulan agar tidak terjadi kepanikan jika bayi anda mengalami hal ini. Mengingat usianya yang masih sangat dini dan belia, kita tidak boleh asal atau sembarangan pada saat menangani masalah ini. Beberapa hal yang dapat anda lakukan saat anak mengalami demam adalah sebagai berikut.

  1. Selalu sedia termometer untuk mengecek suhu tubuh anak. Jangan hanya mengecek panas anak dengan menempelkan tangan pada dahinya saja. Mengetahui suhu tubuh anak sangat penting agar kita tahu apakah anak memiliki suhu tubuh normal atau tidak. Suhu tubuh normal berkisar antara 36 hingga 37 derajat celcius.
  2. Cara mengobati demam pada bayi usia 2bulan bisa dilakukan dengan kompres dahi menggunakan air hangat atau air dingin yang tidak terlalu dingin.
  3. Pakaikanlah baju yang agak longgar namun cukup hangat. Seringkali orang tua memakaikan baju serta selimut yang tebal dan membuat anak justru kegerahan dan semakin rewel.
  4. Selanjutnya, memberi asi yang cukup. Menyusui bayi dengan asi yang cukup akan menghindarkan bayi dari dehidrasi atau kekurangan cairan.
  5. Dari semua cara yang ada, tindakan yang paling tepat ketika bayi mengalami panas demam adalah dengan membawanya ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Perlu diingat, jangan pernah memberikan obat penurun panas apapun pada bayi usia 2 bulan tanpa petunjuk dari dokter. Berikanlah obat penurun panas yang diberikan oleh dokter. Karena kita tidak tahu pasti seberapa dosis yang tepat untuk bayi yang masih sangat belia dan juga kita tidak tahu apakah obat tersebut aman untuk diberikan pada bayi.

Tindakan gegabah dengan memberikan obat secara asal-asalan ini bisa sangat membahayakan kesehatan serta keselamatan bayi kita. Lebih baik, gunakan saja cara mengobati demam pada usia 2 bulan yang telah disebutkan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top