Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Diare Pada Anak Secara Alami

Cara Mengobati Diare Pada Anak Secara Alami

Beberapa Cara Mengobati Diare pada Anak Secara Alami

KonsultasiSehat.com. Setiap orang tua tentunya ingin anaknya selalu dalam keadaan sehat dan bisa beraktivitas dengan ceria. Namun, keadaan kadang berkata lain, cuaca yang buruk, konsumsi makanan yang tidak sehat dan kotor, bermain di tempat-tempat kotor dan sebagainya akan membuat anak terserang penyakit.

cara mengobati diare pada anak secara alami

Penyakit-penyakit tersebut antara lain yaitu demam atau panas, perut sakit, flu, serta yang paling sering dialami oleh anak-anak adalah diare. Diare pada anak adalah suatu keadaan sering atau bolak-balik buang air dengan banyak cairan. Diare juga merupakan gejala dari penyakit-penyakit tertentu atau gangguan yang terjadi pada anak-anak.

Diare sangat berbahaya bagi anak-anak karena pada saat diare tersebut anak dalam kondisi dehidrasi. Dimana dehidrasi tersebut merupakan pembunuh bagi anak-anak. Oleh karena itu penting bagi para orang tua untuk tahu penyebab gejala, serta cara mengobati diare pada anak secara alami.

Sebelum membahas cara mengobati diare pada anak secara alami, lebih baik kita membahas mengenai penyebab dan gejala diare terlebih dahulu. Diare menurut para ahli disebabkan oleh meningkatnya peristaltik usus, sehingga pelintasan chymus sangat dipercepat dan masih mengandung banyak air pada saat meninggalkan tubuh sebagai tinja atau feses.

Nah, lalu seperti apa cirinya? Ciri yang mudah dikenali adalah anak kita akan sering mengeluh sakit perut, mencret saat buang air besar, serta bolak-balik ke kamar mandi. Tentunya dengan intensitas buang air besar dalam keadaan mencret, anak akan mengalami dehidrasi hebat. Ciri dehidrasi adalah mulut kering, kulit menjadi keriput, berkurangnya air kencing, gelisah, dan sampai turun berat badan. Tentunya kita tidak ingin anak kita mengalami hal tersebut, bukan?

Cara mengobati diare pada anak secara alami yaitu segera berikan larutan oralit pada anak kita. Oralit sangat mudah kita buat, karena hanya terbuat dari larutan gula dan garam. Oralit akan menggantikan cairan tubuh yang keluar bersama feses.

Perlu diperhatikan bahwa jangan langsung memberikan obat anti diare pada anak, karena obat-obat tersebut akan menghambat kuman yang akan keluar dari dalam tubuh anak kita. Selain itu yang terpenting sebagai pencegahan juga, berikan makanan yang sehat dan bersih pada anak-anak, seperti buah, sayuran, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top