Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Diare Pada Bayi 1 Tahun

Cara Mengobati Diare Pada Bayi 1 Tahun

Cara Mengobati Diare Pada Bayi 1 Tahun Dengan Cara Alami

KonsultasiSehat.com. Diare merupakan jenis penyakit yang sangat mengganggu pada bagian sistem pencernaan. Karena pada bagian tersebut terdapat bakteri jahat yang bersarang, walau memang tidak berbahaya namun anda selaku orang tua tidak boleh meremehkan masalah diare yang dialami oleh anak anda.

cara mengobati diare pada bayi 1 tahun

Karena diare dapat memicu dehidrasi pada pelakunya jika tidak serius ditangani. Masalah diare sering sekali terjadi pada anak di usia belianya. Untuk itu jika anak anda terkena diare agar segera ditangani dengan cepat masalah tersebut dengan cara mengobati diare pada bayi 1 tahun.

Karena jika masalah ini dibiarkan begitu saja akan menyebabkan masalah yang cukup serius dan berujung kepada kasus kematian yang sekarang ini tengah meningkat. Maka dari itu jika anda ingin tau cara mengobati masalah diare pada usia dini coba perhatikan pembahasan dibawah ini dengan seksama.

Cara mengobati diare pada bayi 1 tahun dapat dilakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut :

  • Jaga asupan makan, bagi orang tua yang ingin anaknya sehat kembali usahakan untuk memperhatikan asupan gizi dan pola makan yang dikonsumsi anak anda. Hindari makanan pedas, dan asam karena hal itu dapat memicu diare menjadi semakin parah.
  • Berikan ASI, berikan ASI yang cukup pada buah hati anda setidaknya anda memberikan ASI tiap 10 menit sekali saat ia terbangun. Hal ini dilakukan untuk menghindari dehidrasi yang disebabkan dari diare karena jika kekurangan cairan kondisi bayi akan semakin parah. Jika bayi anda mengkonsumsi susu pada kemasan botol, pastikan agar botol tersebut bersih dan higienis.
  • Gunakan oralit, usahakan untuk tidak memberikan air putih pada saat anak anda sedang mengalami diare. Yang dapat anda lakukan dalam hal ini ialah menggunakan oralit sesekali yang dapat dibeli diapotik. Anda juga dapat membuatnya dirumah dengan cara alami seperti mencampurkan setengah sendok garam dan satu sendok gula dalam satu gelas air, dan berikanlah pada anak anda campuran ramuan tersebut secara perlahan.
  • Istirahat, untuk menjaga kondisi fisik sang bayi. Orang tua harus mampu menjaga waktu isitrahat buah hati anda dengan cukup, usahakan tidur pada tempat yang nyaman dan tenang. Karena dengan istirahat cukup dapat membantu memulihkan kembali kondisi fisik dan menyembuhkan diare.

Demikianlah beberapa cara mengobati diare pada bayi 1 tahunyang bisa anda lakukan untuk kesehatan buah hati anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top