Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Diare Pada Bayi 8 Bulan

Cara Mengobati Diare Pada Bayi 8 Bulan

Simak Cara Mengobati Diare pada Bayi 8 Bulan yang Mudah Dilakukan

KonsultasiSehat.com. Cara mengobati diare pada bayi 8 bulan ini umumnya hampir sama dengan cara untuk mengobati diare bayi pada umumnya. Pada usia 8 bulan ini bayi sudah mulai aktif bergerak, sehingga intensitas virus untuk masuk ke dalam tubuh semakin tinggi.

Cara mengobati diare pada bayi 8 bulan

Apabila bayi sedang tidak fit atau daya tahan tubuhnya buruk maka diare ini akan dengan mudah menyerang bayi. Tangan bayi sudah mulai suka dimasukkan ke dalam, sehingga lingkungan sekitar bayi diusahakan harus higienis. Untuk bayi pada umur 8 bulan ini, cara mengobatinya juga bisa dengan menggunakan ASI dan apabila tidak ibu sulit memberikan ASI maka dapat digantikan dengan susu formula tetapi harus dibuat encer.

Bahaya diare yang perlu dihindari adalah dehidrasi karena cairan tubuh secara drastis berkurang melalu feses bayi yang cenderung encer dengan sedikit ampas. Bayi juga semakin rewel karena perutnya tidak enak atau nyeri serta bibirnya yang mulai kering. Cara mengobati diare pada bayi 8 bulan yang manjur dan dapat dilakukan adalah dengan memijat gusi bayi.

Karena diare juga dapat disebabkan oleh rasa sakit yang timbul karena tumbuhnya gigi pada bayi. Oralit juga sudah bisa diberikan pada bayi usia 8 bulan, yakni mencapurkan larutan gula dan garam bersamaan dengan air hangat. Cairan garam sangat efektif untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang saat diare.

Jika bayi yang sedang diare tetap mau diberi makan, maka pilihlah bubur atau buah-buahan yang berserat dan mudah untuk dicerna bayi seperti pisang maupun alpukat. Tujuannya untuk mengurangi mencret pada tubuh bayi. Cara mengobati diare pada bayi 8 bulan ini sangat mudah dilakukan bukan? Tidak perlu repot untuk pergi ke apotek hanya untuk membeli obat diare.

Biasanya diare berlangsung hingga tiga hari, tetapi jika seminggu belum juga reda maka sebaiknya langsung membawa bayi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Jangan sepelekan sakit diare ini pada bayi karena jika dibiarkan saja dapat berdampak pada kematian bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top