Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Diare Pada Bayi Secara Tradisional

Cara Mengobati Diare Pada Bayi Secara Tradisional

Cara Mengobati Diare pada Bayi Secara Tradisional dengan Bahan Herbal

KonsultasiSehat.com. Diare yang dialami oleh bayi membuat orang tua bingung bukan kepalang. Mereka cemas akan obat apa yang aman bagi mereka. Padahal ada beberapa cara mengobati diare pada bayi secaratradisional dengan bahan-bahan yang terbuat dari bahan herbal yang tidak menimbulkan efek samping bagi bayi.

cara mengobati diare pada bayi secara tradisional

Bahan alami yang dikandung sangat aman karena tidak mengandung bahan kimia yang dapat berdampak bagi kesehatan tubuh bayi. Bahan herbal yang biasa digunakan dalam pembuatan obat herbal adalah kunyit dan daun jambu biji. Kedua bahan tersebut biasa digunakan dengan campuran madu sebagai pemanis. Untuk mendapatkan bahan alami tersebut sangat mudah dan kita dapat menemukannya di pasar tradisional dengan harga yang relatif murah.

Kunyit merupakan bahan herbal yang mudah kita dapatkan dan kita tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan bahan ini karena kunyit bukanlah tumbuhan musiman. Kita dapat mendapatkannya kapan saja dan dimana saja tanpa mengeluarkan banyak tenaga untuk menemukannya. Cara mengelola bahan ini menjadi obat juga sangat mudah.

Cara mengobati diare pada bayi secara tradisional dengan berbahan kunyit dapat dimulai dengan cara menyaring kunyit dari ampasnya. Jika sudah mendapatkan sari kunyit, kunyit dapat ditambahkan dengan madu secukupnya dan dapat langsung diberikan kepada bayi. Dalam melakukan pengobatan ini, Anda dapat memberikan obat herbal ini sebanyak tiga kali dalam sehari. Jika diare sudah berhenti, pengobatan dapat dihentikan dan mulailah menjaga kesehatan bayi Anda kembali.

Selain kunyit, tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai obat diare pada bayi adalah daun jambu biji. Pengelolaan jambu biji menjadi obat diare dilakukan sama seperti mengelola kunyit. Bedanya, daun jambu biji ini harus melalui proses perebusan. Daun jambu biji yang telah dipilih dimasukan ke dalam panci dengan menambahkan air secukupnya.

Jika sudah mendidih, ambil beberapa bagian dan tambahkan dengan sedikit madu. Aduk rata dan ramuan herbal ini siap untuk diberikan kepada bayi Anda. Cara mengobati diare pada bayi secara tradisional dengan bahan ini jarang digunakan karena ibu-ibu pada umumnya lebih memilih menggunakan kunyit daripada menggunakan daun jambu biji. Alasannya, kunyit lebih mudah didapat daripada daun jambu biji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top