Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Diare Pada Bayi Usia 6 Bulan

Cara Mengobati Diare Pada Bayi Usia 6 Bulan

Cara Mengobati Diare Pada Bayi Usia 6 Bulan

KonsultasiSehat.com. Seorang ibu tentunya harus cepat tanggap dengan perubahan-perubahan yang dialami oleh bayinya. Perubahan sekecil apapun terkadang dapat berdampak negatif pada si bayi, termasuk ketika si bayi yang sedang lucu-lucunya berusia 6 bulan mengalami perubahan kondisi pada saat si bayi buang air besar.

cara mengobati diare pada bayi usia 6 bulan

Sebelum ibu mengambil langkah untuk memberikan obat pada bayi, ibu sebaiknya mengetahui pasti sakit apa yang diderita oleh si bayi pada pencernaannya. Salah satunya yakni dengan memahami feses bayi. Feses yang merupakan hasil produksi pembuangan dari saluran pencernaan, sekaligus merupakan indikator yang baik untuk mengetahui kesehatan saluran pencernaan manusia. Feses bayi yang menderita diare dapat dipastikan fesesnya cair.

Jangan gegabah dulu untuk menentukan itu, karena feses cair pada bayi bisa jadi disebabkan karena asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh bayi tersebut. Tunggu hingga 48 jam. Jika dalm rentang waktu 48 jam feses bayi masih seperti itu, barulah ambil langkah selanjutnya untuk pengobatan dengan cara mengobati diare pada bayi usia 6 bulan secara tepat.

Hal pertama yang dapat ibu lakukan sebagai cara mengobati diare pada bayi usia 6 bulan adalah memberikan oralit pada bayi 6 bulan tersebut. Langkah-langkah pembuatan oralit yakni:

– Masukkan gula sebanyak ¾ sendok teh ke dalam gelas.

– Masukkan garam sebanyak ¼ sendok teh ke dalam gelas.

– Tambahkan sedikit teh ke dalam gelas.

– Tuangkan sedikit air panas, baru kemudian tambahkan air biasa yang sudah masak ke dalam gelas, aduk rata.

– Minumkan satu gelas oralit kepada bayi anda setelah ia buang air besar.

Selain memberikan cairan oralit kepada bayi 6 bulan anda, jangan lupa untuk memberikan air putih yang banyak agar dehidrasi tidak terjadi pada si bayi. Cara mengobati diare pada bayi usia 6 bulan anda selain itu adalah dengan menghindari si bayi dan ibu dari makanan dan minuman yang dapat menghambat proses penyembuhan sakit diare pada bayi anda. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top