Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kehamilan / Cara Mengobati Diare Secara Alami Pada Ibu Hamil

Cara Mengobati Diare Secara Alami Pada Ibu Hamil

Cara Mengobati Diare Secara Alami pada Ibu Hamil Tanpa Obat Kimia

KonsultasiSehat.com. Perlu diketahui bahwa ibu hamil juga dapat terserang diare. Terbayang kan bagaimana tersiksanya bolak-balik ke kamar mandi dalam keadaan hamil? Berikut ada beberapa cara mengobati diare secara alami pada ibu hamil yang akan dikupas secara jelas.

cara mengobati diare secara alami pada ibu hamil

Diare yang menyerang pada ibu hamil biasanya disebabkan oleh adanya bakteri pada makanan maupun minuman yang masuk ke dalam perut dan pada akhirnya mengganggu sistem pencernaan. Bakteri yang umumnya menyerang ialah bakteri E-Coli yang terdapat pada lingkungan yang kurang higienis. Gejala diare ini antara lain seperti sakit perut atau nyeri serta BAB yang encer dengan ampas yang sedikit.

Bakteri yang masuk ke perut biasanya menyerang usus besar manusia. Khusus untuk ibu hamil, diare tidak boleh sembarangan diobati dan memerlukan perhatian. Ibu hamil sebisa mungkin harus menghindari obat-obatan yang mengandung bahan kimia karena dapat mengganggu kesehatan bayi.

Cara mengobati diare secara alami pada ibu hamil dapat dilakukan dengan mengkonsumsi air putih dengan jumlah banyak, dapat pula membuat laurtan oralit karena garam dapat dengan cepat menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat diare itu sendiri. Selain itu, perbanyak makan buah yang lembut tetapi mengandung serat seperti pisang karena baik untuk memperbaiki pencernaan yang terganggu.

Alternatif lain yang termasuk ke dalam cara mengobati diare secara alami pada ibu hamil ialah dengan merebus daun jambu muda kemudian airnya direbus. Daun jambu muda dipercaya ampuh untuk menghentikan diare yang menyerang tubuh.

Caranya cukup mudah yakni ambil lima helai daun jambu kemudian rebus bersama satu gelas air putih dan tunggu hingga air tersebut menyusut hingga setengah gelas. Usahakan diare yang dialami ibu hamil ini tidak sampai menimbulkan dehidrasi karena tentu saja dapat mengganggu kesehatan janin yang ada dalam perut sang ibu.

Dehidrasi ini harus cepat ditangani dan dicegah dengan cepat agar tubuh tidak kekurangan cairan. Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah selalu menjaga kehigienisan makanan ataupun minuman yang akan dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top