Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Penyakit / Cara Mengobati Flu Dan Batuk Pada Kucing

Cara Mengobati Flu Dan Batuk Pada Kucing

Cara Mengobati Flu dan Batuk Pada Kucing

KonsultasiSehat.com. Sama halnya seperti manusia, flu dan batuk terkadang juga dapat menyerang kucing. Flu kucing merupakan penyakit yang disebabkan karena infeksi yang biasanya dikombinasikan dengan bakteri maupun virus-virus lainnya. Penyakit ini sering juga terjadi pada kucing, baik kucing dewasa maupun anakan kucing.

cara mengobati flu dan batuk pada kucing

Anda tentunya tidak ingin binatang kesayangan anda terkena flu bukan? Oleh karena itu, anda harus tahu bagaimana cara mengobati flu dan batuk pada kucing. Pencegahan flu kucing ini adalah dengan melakukan vaksinasi secara rutin. Meskipun flu kucing tidak banyak menyumbangkan angka kematian pada kucing, tetapi kondisi penyakit flu kucing ini akan sangat fatal jika dibiarkan terjadi pada anak kucing.

Penularan penyakit flu dan batuk pada kucing sama seperti manusia, yaitu jika terjadi kontak fisik, atau dari air liur dan cairan bersin. Masa inkubasi penyakit flu kucing ini bisa sampai 3 minggu, artinya selama masa ini kucing tidak akan menunjukkan gejala apa pun. Tetapi, selama masa ini kucing pun dapat menularkan penyakitnya kepada kucing lain.

Tanda-tanda kucing terkena flu dan batuk adalah kucing sering bersin-bersin, demam, turunnya nafsu makan, badan kucing jadi lemah dan lesu, batuk, mata menjadi sedikit memerah, keluar cairan dari hidung, timbulnya sariawan, dan juga mata susah dibuka. Lalu, bagaimana cara mengobati flu dan batuk pada kucing?

Cara mengobati flu dan batuk pada kucing bisa dilakukan dengan memberikan madu sebanyak 1×4 jam kepada kucing kesayangan anda, letakkan kucing kesayangan anda di tempat yang hangat, bila ingin cepat sembuh, bawalah kucing anda ke dokter hewan terdekat.

Selanjutnya cara mencegah agar kucing tidak mudah terkena penyakit adalah dengan memberikan asupan nutrisi yang cukup pada kucing, memberikan asupan vitamin dan mineral yang cukup, dan jangan sampai meninggalkan kucing diluar rumah apalagi sampai kehujanan.

Cuaca yang dingin akan mampu menurunkan kekebalan tubuh si kucing. Anda tidak perlu khawatir tertular flu dari kucing kesayangan anda, karena flu kucing hanya bisa ditularkan kepada kucing lainnya, tidak seperti flu burung atau flu manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top