Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Flu Dan Demam Pada Bayi

Cara Mengobati Flu Dan Demam Pada Bayi

Cara Mengobati Flu dan Demam Pada Bayi Tanpa Obat

KonsultasiSehat.com. Ketika bayi kita mengalami demam dan flu kita sebagai ibu memang khawatir, tetapi ke kekhawatiran itu jangan membuat kita panik. Demam dan flu memang penyakit yang ringan, tetapi jika tidak ditangani dengan telaten juga dapat menyebabkan kefatalan.

Cara mengobati flu dan demam pada bayi

Seperti demam, jika suhu tubuh meningkat sangat drastis dan dalam jangka waktu yang lama juga dapat mengakibatkan dampak pada otak dan gangguan syaraf lainnya. Sedangkan flu, jika tidak ditangani dengan cepat juga akan mengganggu pernafasan bayi. Bayi akan terus menangis dan rewel ketika flu dan demam melanda, bahkan nafsu makan juga berkurang. Dalam keadaan seperti ini Anda sebagai ibu jangan terlalu panik. Perhatikan dengan saksama dan lakukan tindakan dengan cara mengobati flu dan demam pada bayi.

Flu merupakan penyakit yang menyerang saluran pernafasan. Kita sebagai ibu pasti merasa khawatir ketika anak kita terserang flu. Pada saat bayi mengalami flu memang membuat bayi rewel dan susah bernafas. Biasanya dokter memberikan obat-obatan flu ketika kita memeriksakan bayi ke dokter, tetapi jika ada cara tradisional sebaiknya Anda memilih cara tradisional.

Cara tradisional ini dapat Anda lakukan sendiri di rumah, dengan cara tradisional juga menghindari bayi dalam penggunaan obat-obatan. Bayi yang mengalami flu juga dapat disertai dengan demam. Cara mengobati flu dan demam pada bayi dapat dilakukan tanpa menggunakan obat. Untuk flu Anda bisa memijat hidung bayi di area alis dengan menambahkan minyak telon. Ini dapat membantu melegakan hidung bayi agar lendirnya keluar. Jangan pernah memasukkan cotton bat ke hidung bayi. Gunakan sapu tangan yang bersih dan lembut.

Penanganan demam pada bayi juga jangan begitu panik. Perhatikan saksama sang bayi. Berilah pertolongan pertama dengan mengkompres menggunakan air hangat. Hindari mengkompres dengan air dingin karena deman di mana otak masih mengalami peningkatan panas. Menggunakan air hangat lebih dapat meringankan panas pada bayi.

Penanganannya pun dapat menggunakan bahan-bahan rumah tangga seperti bawang merah. Bawang merah yang biasanya digunakan untuk bumbu dapur dapat meringankan panas demam pada anak. Biasanya bawang merah ini dioleskan pada tubuh anak dengan tambahan minyak telon atau minyak kayu putih. Penggunaan bawang merah ini karena bawang merah tidak begitu panas sehingga tidak menjadikan bayi merasa terlalu panas. Cara mengobati flu dan demam pada bayi dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top